Quantararo Kesetanan Rebut Jawara di Losail, Kini Kian Pede Geber M1

FABIO QUANTARARO. Tampil eksplosif di seri kedua, kini kian pede menuju race lanjutan.

Persis seperti yang dilakukan Maverick Vinales di seri pembuka musim yang digelar di sirkuit Losail Doha Qatar, giliran Fabio Quantararo yang melakukannya dengan kemenangan absolut di ronde kedua MotoGP 2021 di sirkuit yang sama.




Meskipun start dari posisi sembilan, yang mana starting grid terdepan dihuni Jorge Martin dan Johann Zarco, plus Maverick Vinales, Quantararo justru sanggup konsisten untuk menutup race dengan selisih waktu yang rada jauh dari pesaingnya. Di penghujung putaran, joki bernomor #20 ini melindas garis finish dengan catatan waktu 42 menit 23,997 detik, unggul 1,457 detik dari Zarco di posisi kedua, dan 1,5 detik dari Jorge Martin di podium ketiga.




Baginya, kemenangan ini terasa fenomenal mengingat dominasi pasukan Ducati di sesi-sesi sebelumnya, terutama di kualifikasi. Lebih dari itu, power motor Ducati yang sangat kuat di trek lurus juga menyulitkan rider-rider lain meskipun mereka bisa menutup kekurangan tersebut di sektor sirkuit lain. "Di sesi test ataupun latihan, Ducati sangat cepat di trek lurus dan sangat sulit mengalahkan mereka. Namun, saya merasa sangat nyaman dengan motor, terutama untuk menaklukkan tikungan cepat, baik di tikungan 8,9,10 dan 15. Itu menambah pede menekan ban depan," tuturnya.

 

 

PEMENANG RACE-2 LOSAIL. Quantararo dan Zarco.



Baginya, kecepatan di tikungan dengan memaksimalkan grip roda bisa menambah kepercayaannya lap demi lap, bahkan bisa mengejar di beberapa putaran terakhir dengan set pace yang lebih baik. "Tentu saja, saya sangat senang karena saya bisa melakukan overtake di banyak tikungan yang sebetulnya juga sulit, termasuk di tikungan ketiga," tambah Quantararo.




Yang pasti, setelah kemenangan ini, Quantararo merasa semakin pede dengan motornya dan berharap bisa semakin switch di sirkuit-sirkuit yang lain, bukan hanya di Losail. "Tidak seperti tahun lalu, saya bahkan tidak punya feeling untuk masuk tikungan, selalu kehilangan roda depan. Sekarang, motor jauh lebih baik dan bisa dipaksa ke limitnya. Kami bisa cepat di Qatar, dan semoga juga bisa cepat di trek lain," tutupnya.




Hasil MotoGP Losail 2 selengkapnya :