PREVIEW MOTOGP STYRIAN : Ducati Siap Perpanjang Rekor, Waspadai KTM

DOVIZIOSO. Sudah tiga kali menang di Red Bull Ring.

Weekend ini, perang kecepatan joki-joki MotoGP digelar lagi di sirkuit Red Bull Ring Austria, dalam Grand Prix Styrian. Menyusul begitu dramatisnya race sebelumnya di sirkuit yang sama, Ducati menjadi tim yang dijagokan untuk menang lagi, meskipun KTM juga siap merangsek di baris depan.




Dari statistik Red Bull Ring, torehan kemenangan Andrea Dovizioso sepekan lalu membuat dominasi Ducati di sirkuit ini semakin kentara. Dovizioso sudah mengoleksi tiga kemenangan di Red Bull Ring, yakni di musim 2017, 2019 dan 2020. Menjadi kemenangan kelima beruntun Ducati di Red Bull Ring sejak dipakai lagi tahun 2016.



Bagi Dovizioso, kemenangan kemarin juga menambah daftar menangnya bersama Ducati menjadi 14 kali, tapi masih jauh di bawah Casey Stoner yang merebut total 23 menang bersama Ducati. Meski begitu, total podium Dovi bersama Ducati di angka 40, hanya terpaut 2 podium dari Stoner. Jika podium lagi di race-race berikut, Dovi bisa jadi akan melibas rekor Stoner.


Menyongsong balapan di MotoGP Styrian, Dovizioso memang sangat optimis untuk meraih hasil maksimal seperti di MotoGP Austria. Namun, masih ada sedikit kendala soal performa kuda pacunya. "Trek ini memang membantu banget ke motor, sangat berbeda dibandingkan saat Jerez atau Brno, yang mana saya kehilangan banyak soal braking. Di Red Bull Ring, segalanya bisa lancar, baik akselerasi atau braking. Tapi saya masih belum enak di cornering, saya harus mencoba cara lain biar lebih bagus. Yang pasti, pembalap lain terutama KTM yang patut diwaspadai, karena mereka terlihat semakin kuat di sini," jelas Andrea Dovizioso, yang kini sudah mengoleksi total 62 podium di kelas premier.

 



naskah/foto : punk