Pasang Cover Bening, Serasa Menikmati Indahnya Akuarium Aki

PENUTUP AKI SKUTIK HONDA. Pasang cover bening, detailing aki lebih kelihatan.

Penempatan part elektrik, memang disiasati oleh pabrikan di banyak posisi. Buat pemakai varian skutik berlogo sayap terbang seperti Vario atau Beat terbaru, posisi sekring dan accu (baca:aki) menjadi lebih simpel, karena diletakkan tepat di floordeck.



Memang, posisi ini jadi lebih praktis dalam maintenance, karena sudah disediakan penutup alias covernya, tinggal buka bautnya saja. Beda dengan aki yang diletakkan di bagian dalam bodi, dada depan atau bawah jok, kadangkala butuh effort ekstra untuk melepas-pasangnya, karena harus buka baut-baut bodi.

 

 

VARIASI BAHAN ALMU/CNC. Jangan salah beli, karena tiap model beda bentuk dan ukuran.



Bagi para kreator modify Otrestyle, penempatan aki di varian skutik Honda terbaru (All New Vario, New Beat Fi, Scoopy esp dll ) justru jadi inspirasi modifikasi yang keren, karena menjadikan detailing semakin kelihatan. Apalagi di modifikasi aliran kekinian seperti babylook atau thailook style. Seperti halnya pemakaian part cover bening/transparan, yang banyak dijual di pasaran ataupun bikin sendiri alias handmade, ikut memberi aura manis legit.



Harga cover aki bening ini juga beragam dan variatif bahannya. Jika part OEM dari plastik dijual antara 35-50 ribuan, maka cover bening ini ada yang dilego ratusan ribu saja. Untuk kualitas bagus dengan mika atau aklirik tebal dengan sisi luar terbuat dari almu atau CNC-an, harganya juga variatif antara 150-180 ribuan. Yang pasti, untuk bentuk dan ukuran sedikit berbeda yah, antara Beat atau Scoopy misalnya.

 

 

PENUTUP BAHAN KUNINGAN. Lebih tebal dan spesial, garapan Nuki dari N2C Yogya.



Ada juga cover bening buatan sendiri, dengan bagian sisi luar terbuat dari bahan khusus, seperti garapan Nuki dari N2C Yogya. "Kita bikin sendiri dari kuningan, dan hanya buat dari bahan itu, biar lebih spesial," ucap Nuki, yang melego satu set cover bening ini sekitar 225 ribuan.



Yang asyik, pemasangan cover aki bening ini juga diikuti tambahan pernak-pernik di dalamnya, baik penggantian aki itu sendiri, tata ulang baut, sekring dan kabel-kabel hingga tambahan sticker khusus, baik yang bertema teknis ataupun logo. Bisa juga ditempel sticker tema lain, atau dengan laminasi karbon sehingga bagian part-part aki juga kian terekspos. Kala dikombinasi sorot lampu LED, sekilas juga mirip akuarium, tapi berisi aki.  Keren kan?


 


naskah/foto ; punk