Yuk, Bikin Detailing Area Tangki & Underseat Biar Modifmu Makin Asik & Unik

AREA UNDERSEAT. Perlu diutak-atik biar asik dan terlihat beda.

Namanya kreator, selalu ingin tampil beda. Merambah hingga sisi bawah hingga jeroan motor pun dilakukan demi sebuah kata mistis, detailing !



Yup, detailing seakan begitu melekat dengan yang unik dan kreatif, dan bisa dilakukan oleh siapapun. Apalagi, yang demen modifikasi aliran harian, thailook, atau racing. 

 

Nah, area yang bisa diutak-atik alias dikreatifi bagian ini adalah underseat, baik di balik jok motor, tangki hingga bagasinya. "Jadi, begitu buka jok, langsung terasa beda, mewah dan lain kelihatannya," buka Egiaprilian dari Egywconcept Sukabumi, yang juga memasang pernak-pernik underseat di Mio-nya.

 

DETAIL BALIK JOK JUPITER STREET RACING KARYA BAHLUL RS SHOP. Ringkas, dengan part krom, almini atau CNC.



Selain joknya sendiri yang kebanyakan sudah dilapis ulang dengan cover baru, sisi dalam jok pun bisa diupdate dengan banyak asesoris, dari sekedar menambah lapisan sintetis, mencelupnya dengan karbon laminasi atau menempel ulang sticker. So pasti, tak ketinggalan dengan penggantian baut dan ring dengan yang kekinian macam probolt, tata ulang perkabelan hingga rear grip.

 

 

KABEL PUN BISA DIKREATIVI LHO. Kreasi Beat Ricko oleh Bee Modified Klaten.



Nah, berikut ini beberapa inspirasi modify area underseat, yang mana cukup banyak yang bisa dikreasi biar terlihat berbeda.


 

BAGASI UNDERSEAT

 

 

TANGKI ALMU. Biasa untuk modif aliran racing, drag atau mothai racing.

 

Sementara, bagasi underseat juga bisa ditata lagi. Paling mudah, cukup mengganti ulang baut-baut standar dengan probolt warna-warni. Atau bisa juga menggantinya dengan bagasi variasi yang sudah ada lubang transparannya. Dengan begitu, orang bisa juga melihat sisi mesin kala jok dibuka. Kalo perlu, juga bisa diganti variasi tangki aluminium, yang kebanyakan menyatu dengan area bagasi, tetapi ini sih buat konsep racing/drag.

 

DETAILING BALIK JOK

 

 

DETAIL BALIK JOK THAILOOK KARYA MIKADO MATIC SHOP BLORA. Ada aksen karbon laminasi, hingga tambahan obeng CNC dan wadah STNK.

 


Meskipun di balik jok, area ini juga bisa dikreativi. Bisa dengan melapis ulang laminasi karbon atau memberi warna-warna yang menarik. Biar detail, cukup ditambah ciri khas sesuai pakem modifnya. Misalnya, kalo thailook dengan warna bendera Thailand, atau bisa ditambah variasi lain, seperti tool-kit atau obeng khusus yang biasanya sudah tersedia tempatnya di jok standar, seperti karya Mikado Matic Shop asal Blora ini.

 

TANGKI KROM

 

 

UNTUK PENYUKA ALIRAN FASHION ATAU ELEGAN. Cukup krom tangki dan tidak banyak ubahan sudah terlihat mencolok.

 


Lebih spesifik, bagian tangki pun bisa ditata lagi. Biar cling, tangki wajib dikrom ulang biar terlihat resik. Ini cocok buat modifikasi aliran elegan yang nggak neko-neko tapi pengin tampil bersih dan cilong. Tentu saja, beberapa part juga wajib disesuaikan, seperti tank cap, penutup behel hingga baut-baut kromnya. Ongkos krom tentu relatif, sekitar ratusan ribu.

 

 

TANGKI KROM + STIKER LAMINASI

 

 

AKSEN KARBON DI PENUTUP TANGKI MATIC. Kian unik karya Vanz Modified.

 


Biar sip, bisa sekedar dicelup krom ataupun bisa juga ditutup ulang pake sticker transparan. Stiker transparan sendiri bisa beli jadi atau pesan ke pengrajin. Motifnya pun beragam, ada yang bergrafis dengan logo tertentu, atau bisa juga laminasi motif karbon. Untuk motor tertentu seperti Beat, ada penutup tangki dan part ini juga ada yang jual variasinya sudah lengkap laminasi karbon celup.

 

PERNAK KARET TANK CAP

 

 

PEMANIS TUTUP TANGKI DARI BAHAN KARET. Pelapis rubber dengan logo beragam.

 


Kian mantap, tutup tangki juga bisa ditukar dengan variasi karet atau CNC-an. Mau lebih detail, bagian sisi luarnya juga ditambah pemanis karet Ototrend atau merek lain. Sisi dalamnya idem ditto. Harga pemanis rubber pad ini juga relatif, sekitar 30-50 ribuan.

 

ASESORIS SERBA CNC

 

 

KEREN BINGIT SOB, KREASI UNDERSEAT EGYWCONCEPT SUKABUMI feat CRAZY CARBON BEKASI.

 


Sedangkan bagian pelampung, bisa juga ditutup cover almini atau CNC dengan bentuk yang beragam. Model dan warna CNC nya juga cukup banyak. "Ada merek Brembo yang sekitar 120 ribuan," tambah Egiaprilian.  Oh ya, varian warna asesorisnya juga menentukan lho. Paling tidak, warna gold atau kuning bisa jadi rekomendasi tampilan underseat kamu lebih asoy !




penulis : @jepunk_ototrend