CUSTOM ARM ALA STREET RACING : Hindari Coak dan Pelubangan Jembatan Arm Secara Berlebihan

Di era boomingnya modif ceper style, satu trik ekstrim mendapatkan tunggangan cium bumi yang benar-benar kompak, yakni memajukan sumbu roda belakang sedekat mungkin ke depan. Bukan hanya mesti mengubah sumbu roda atau lazim disebut 'arm maju', tetapi sampai pencoakan jembatan swingarm.

 

BERAGAM MODEL. Bisa disesuaikan tema modif.


Ada yang lebih ekstrim lagi, sampai memotongnya agar roda bisa lebih mentok. Kini, trik ini juga merembet ke pakem racing style, street racing hingga herex style. Bedanya, custom atau coakan di swingarm tidak hanya untuk mendapatkan potongan bobot, tetapi juga mencari estetika. Apalagi jika motor tersebut akan dipajang di parkiran mahal Otre.

 

FINISHING. Sisi dalam bisa diperhalus dan dicat.


Nggak heran, kalo bentuk dan model pelubangan atau coakan di swingarm ini, begitu beragam. Dari sekedar kotak bisa, bulatan hingga dibentuk menyerupai huruf atau tanda baca.

 

JEMBATAN ARM. Tidak boleh over coak.



Tapi, Otre tetap wanti-wanti ya gaes. Coakan swingarm tidak boleh berlebihan alias over, karena bisa mengurangi rigiditasnya. Pasalnya, kebanyakan produk arm ini sudah terbilang enteng, terutama berbahan almunium. So, jangan sampai membabat sisi jembatam arm. Nah, agar lebih estetik, cukup dilubangi sesuai konsep dan kebutuhan, seperti model-model ini.

 

COAKAN. Tidak asal.

 

 


naskah/foto : punk