Cakep ! ... Modif Sumbu Molor ala Kapcai Jahat Malaya

SUMBU MOLOR. Dengan mengganti swiang arm yang lebih panjang.

Buat para penggeber motor bebek, jangan patah arang soal trend modify. Memang sih, lagi booming modif yang kebanyakan berbasis matic, dari thailook, babylook sampai stance dari philiphine.

 

Tapi, tak ada salahnya mencomot ide modif biker negeri jiran, yang lebih simple, elegan tetapi tetap sporty dinamis. Modalnya, cuma ganti part kaki-kaki, terutama swing arm dan pelek. Simak gaes....!

 

GANTI SWINGARM. Profil yang lebih panjang.



Modifikasi kaki-kaki ini, jamak dipakai biker pemakai motor bebek (kapcai), karena tidak perlu banyak ubahan. Jadi, tinggal beli dan pasang variasi atau plug and play. Konsep sumbu molor hingga terlihat panjang ke belakang ini, menyesuaikan tipikal lalin dan pengendaraan di Malaysia yang rata-rata jauh, jalur panjang beraspal mulus, sehingga kian menambah kestabilan di kecepatan tinggi.

 

TONGKRONGAN. Roda belakang seperti ketinggalan di belakang.



Oh ya, rata-rata kapcai yang mengalami ubahsuai adalah varian Yamaha, seperti Y15, LC135 Exciter, atau lebih dikenal varian Jupiter, MX, atau MX King, karena populasinya cukup bejibun dan tampangnya tambah cakep dengan modif ini. Namun, bisa juga diaplikasi ke bebek lain, seperti Wave Series (Supra cs), Dream ataupun Modenas. Oke juga dipanteng di motor bebek jantan alias ayam jago, termasuk Satria FU.




Nah, part yang diganti pun tidak banyak, yakni satu set pelek, ban dan swingarm, plus menyesuaikan tambahan ubah sprocket set atau cakram. Herannya, acapkali mereka tidak menambah rem belakang, dan hanya mengandalkan rem depan saja, meski spek ini biasa khusus buat drag saja.

 

INSTALASI. Plug and play tanpa banyak ubahan.



Penggantian part utama, pelek dan ban. Untuk pelek, bisa memakai beberapa brand. Yang gayeng, kebanyakan memanteng pelek Enkei SP Series atau bisa juga RCB SP522 yang modelnya sama, yakni palang lima lengkung. Biar keren, bisa memilih warna gold atau matt black. Ukuran bebas, tetapi lebih afdol dipasang profil 160 ring 17. Harga pelek ini, relatif ya gaes, bisa sekitar 280RM.

 

PELEK DAN ARM KINGDRAG. Model bintang.



Pelek palang model bintang juga oke ditanam. Brandnya juga beragam, namun desain dan  bentuknya mirip-mirip, dari pelek Lativo tipe 510 atau bisa pakai pelek Enkei Titanium. Selain itu, ada juga pelek Kingdrag forged model palang bintang seharga 420 RM ukuran 1.6 ring 17, ini juga mirip dengan Enkei Titanium bintang tadi. Ada juga aplikasi merek lain, seperti Kozi Rims, namun harganya lumayan, bisa sampai 600RM.

 

ARM LATIVO. Bahan titanium dengan warna mencolok.



Untuk armnya, bisa ambil brand-brand keren, seperti swingarm titianium merek Lativo. Nih, merek sangat jarang dipakai oleh rider Indo, karena memang belum ada distributor resminya. Jadi, kalo ente bisa pantengin satu biji kr motor ente, terbilang rare item gaes.

 

WARNA. Ngejreng.

 

Oh ya, Lativo ini bukan hanya punya produk arm, tapi juga pelek, kaliper sampai tromol set. Warnanya juga beragam, namun kebanyakan candy sehingga tampilannya mencolok.

 

SWING ARM PROTAPER. Lebih kekar.



Harga ecer swingarm Lativo, sekitar 350RM termasuk sebanding dengan performa dan gayanya. Jika ingin pasang merek lain, bisa ambil opsi swingarm Kingdrag R, dengan harga yang serupa sekitar 370RM. Selain itu, ada juga swingarm Protaper Ultimate Pro, untuk motor Y15 atau Yamaha Exciter, sekitar 360RM.

 

HUB ADAPTOR. Penyambung ke sprocket set.



Selain, swingarm dan pelek, satu part yang perlu dipasang adalah bushing sekaligus hub adaptor atau dudukan sproket belakang. Kebanyakan, modelnya sama meskipun mereknya lain. Sementara, kombinasi sproket set dan rantainya bisa menyesuaikan set up yang diinginkan. Pastinya, rombakan minor ini, sudah cukup bisa mengubah pesona bebek semakin sporty khas kapcai jahat Malaya.



HASIL AKHIR. Simpel tapi cakep kan?

 

 


naskah/foto : punk