YAMAHA MIO SOUL '08 - BATAM : Balada Mio Jahat Tiada Obat

MIO SOUL BATAM. Matic Street Racing.

Modifikasi asal Kepulauan Riau, khususnya area Batam memang ogah ketinggalan. Buktinya, cukup banyak modilover yang intensif menggeber motor keren terbaiknya, termasuk M. Iqbal Sentosa dari komunitas Matic 17 Kota Batam.

 

TAMPANG. Berciri khas trend street racing.

 

Mengandalkan sebiji Mio Soul 2008, aliran matic street racing-lah yang digagasnya sebagai menu utama modifnya. "Kita juluki Si Mio Jahat," singkatnya.

 

 

ENGINE. Custom full variasi ala street racing.



Totalitas, itu kata yang coba dipikirkan secara matang oleh Iqbal. Karena itulah, semua bagian motor benar-benar ditata ulang. Engine misalnya, semua part juga ditukarguling ataupun dikorek buat harian.  Area mesin ini pun dijejali banyak part khas racing style, dari pengapian, karbu berikut corong customnya sehingga variasi kecil yang lain. Salutnya, semua part ini dilebur satu warna utama, yakni kuning dan gold sehingga terlihat menyala.

 

DASH AREA. Gauge berlatar karbon laminasi.



Secara tampang luar, warna merah menjadi dasaran pas sebagai soul dan pakem kuat street racing  Meski begitu, Iqbal mengkombinasikannya dengan pernak-pernik lain, termasuk laminasi karbon yang diterapkan di beberapa sub body.  Dash area pun dijejali trend ini, yang mana celupan karbon digandeng setang tekuk custom, handle set variasi warna gold hingga gauge dan meter lainnya.

 

JOK. Lapis ulang cover lubang.



Pakem street racing, sejatinya masih enak buat harian. Namun, karena motor ini lebih banyak dipajang sebagai showbike, ergonomi khususnya jok justru dibuat lebih tipis. Keprasan jok ini dilakukan, karena sisi atas terlihat lebih kompak dan tidak terlalu besar. Mengakali bentuk yang tipis, cover luar dipilih kombinasi warna kuning dan karbon, dengan custom lubang di sisi atasnya.

 

DETAILING. Kombinasi lampu projie hingga grafir.



Detailing pun diperhatikan sangat oleh Iqbal. Paduan dasaran merah, menjadikan setiap item yang dipasangnya juga pas dan menarik. Sisi depan misalnya, bodi berikut lampu utama yang kelihatan bulat, bisa dimaksimalkan detailingnya dengan tambahan laminasi karbon untuk cover lampu, custom lubang dengan tambahan lampu projie, plus tambahan plat grafir di tiap sisi kosong.

 

BODYSET DITUTUP STICKER. Tema Mio Jahat.



Dengan oplosan warna merah berbasis Pentagloss, berikut clear finish dari Sikkens, memastikan warna ini sangat enerjik dan menyala. Meski begitu, tak afdol jika tanpa theme pemanis. Untuk satu ini, dibeber sticker luar dari grafis bertema Mio Jahat, dengan siput racing sebagai karakter contohnya.

 

CVT AREA. Kinclong krom engraving.

 

Selain engine yang cling dan mewah dengan warna-warna kuning dan gold, CVT area pun ditata ulang dengan variasi terkini. Tentu saja, juga diaplikasi trend warna gold-yellow dengan tambahan engraving di banyak sisi. 

 

Penambahan part spesial seperti FPR, dan knalpot kidal dengan leher knalpot nuansa biru pelangi memastikan area ini juga enak dinikmati komposisinya.  Apalagi, ketika ditandemkan pernak-pernik kecil yang menempati ruang-ruang kosong di banyak sisi.

 

DETAILING. Pernak-pernik khas street racing.





SPEK MODIF
SOK DEPAN : DBS Custom bubut, CAKRAM DEPAN : Brembo 2P, MASTER & KALIPER : Nissin, TROMOL : Model blimbing, SWINGARM : Nouvo custom, SOK BELAKANG : YSS, PELEK : Jinfei, BAN : Duro 45/65 & FDR 50/90, KARBU : PE24, OIL COOLER : FU, KNALPOT : Custom Purbalingga, LAMPU : Custom projie, GAS SPONTAN : Willwood, EPOXY - CAT & CLEAR : Pentagloss - Sikkens Plus HS, BRUSHER : Padang Painting, MODIFIKATOR : Matic 17 Kota Batam - CP : 0822-8882-8485.



naskah/foto : punk