Modifikasi Yamaha Mio Sporty 2006 - Garut, Ini Nih Matic Ceper Superstroke Cakep Anti Caper

MODIFIKASI YAMAHA MIO SPORTY. Ada Ironman di Mio Ceper.

Namanya hobi, wajib dilakoni dengan hati nurani yang loss doll gas pol rem blong. So pasti, segalanya bakal lancar jaya. Pakem inilah yang dipercayai Rizqi Emil asal Garut, yang cukup intensif mengambil ranah ceperist sejati dengan motor ceper miliknya.



"Modifikasi mah harusnya sesuai keinginan. Nggak perlu muluk-muluk, yang penting tampil beda. Termasuk akunya tuh, bikin motor ceper emang suka. Dan ternyata juga bikin orang perhatian, jadi nggak perlu caper gitu," kelakar Rizky Emil, yang mengandalkan sebiji Mio Sporty keluaran 2006.

 

 

BODI DEPAN. Diguyur airbrush bertema Ironman.



Yang spesial dari Mio Sporty ini, tentu saja modifikasi matic ceper yang terbilang ekstrim, namun getol dipakai jalan hingga touring keliling nusantara. "Ceper kalo sekedar ceper sih biasa, tapi aku bikin yang ekstrim sekalian," jelas Rizky Emil, yang butuh waktu beberapa bulan untuk menyelesaikan dan menyempurnakan modifikasi matic cepernya.

 

 

ENGINE. Reposisi maju ke depan.



Untuk mengubah ceper dengan sumbu roda pendek ini, Rizky yang juga acap kali mengibarkan panji IMCI ini mengcustom total sebagian besar rangka untuk mereposisi engine berikut mountingnya lebih ke depan, dekat dengan mainbone utama dan komstir. "Jadi, rangka bikin baru, dengan posisi tepat di floordeck aslinya. Dengan begitu, otomotif posisinya maju termasuk roda belakang," tambahnya.

 

 

CVT DAN RODA BELAKANG. Terlihat ekstrim maju ke depan.



Meskipun posisi engine set dan CVT box sudah maju, tetapi bodyset belakang tidak diubah sama sekali, cukup dilepas dan dikepras sebagian untuk menata komposisi bagian samping dan tengah. Dengan begitu, ekor dan buritan masih terlihat panjang,  namun roda belakang terlihat benar-benar maju ke depan alias superstroke.

 

 

KAKI DEPAN SUPER CEPER. Ngeblink dengan pelek DID dan rem Morrin.



Roda-rodanya sendiri mengandalkan lingkaran pelek dari DID 215-14 dibalut ban hitam dari Swallow 50/90-17 & Swallow 60/90-17 dengan tromol VND berjeruji TDR serta pengereman cakram Ride It berkaliper Nissin dengan selang rem Morin yang lebih maksimal. Untuk knalpotnya pun dirubah milik WRC serta sisi kiri difinishing oleh painting bermotif realis.

 

 

SEAT. Lebih artistik dan pas dengan tema airbrushnya.



Sedangkan jubah bodi yang hanya sedikit dicoak dan kepras untuk mengakomodir rangka dan reposisi engine juga diguyur warna baru. Kali ini,  Rizqi  menggandeng bengkel Cempaka Brush yang berdomisili Garut untuk mengunggah airbrush bertema Ironman dari tumpahan cat berbahan Danagloss serta clear Blinken. Sedangkan untuk joknya pun dilukis dengan tema ironmas yang seirama dengan warna bodi.

 

 

CORONG KNALPOT. Dihiasi tameng twotone.



Untuk aseso penunjang, Rizky cukup menyesuaikan dengan fungsionalitasnya, karena matic ceper ini dipakainya sebagai kuda pacu harian. Karena itulah, tidak banyak aseso tambahan yang dijejalkan. Cukup ke sisi kemudi stang pun dipercantik oleh handle rem fast bike serta handgrip morin serta spion variasi bermotif carbon laminasi.



"Yang pasti, aku bangga banget sama motor aku. Ceper tidak hanya ekstrim tapi juga keren, dan acapkali jadi pusat perhatian," tutupnya.

 

 

TAMPILAN. Sumbu roda jadi lebih pendek.





SPEK MODIF :
PELEK DPN & BLK : DID 215-14, SOK DPN & BLK : Fast Bike & Custom, CAKRAM : Ride It, TROMOL : VND, JARI – JARI : TDR, SELANG REM : Morin, BAN : Swallow 50/90-17 & Swallow 60/90-17, KNALPOT : WRC, TANGKI BENSIN : Custom, RANGKA : Custom, HANDGRIP : Ka-Kra, KICK STATER : Fast Bike, CAT & CLEAR : Danagloss & Blinken, BENGKEL & BRUSHER : Seperak & Cempaka Brush – Garu, BIAYA MODIF : 5 Juta, WAKTU MODIF : 1 Bulan, PEMILIK Rizqi Emil (082218879439).

 




Naskah / Foto : Doni “Double D” Ototrend