Modifikasi Custom Honda Revo Matic, Gaya Monkey Tampang Mini Tapi Trendy

MODIFIKASI CUSTOM MONKEY. Keren juga dari basis Honda Revo AT.

Meski produk ini kurang diminati pasar, Honda Revo Techno AT yang sering disebut juga Revo Matic justru menjadi bahan baku ideal kala dimodif custom, seperti garapan Robby Ganie asal Tangerang ini.



Disela-sela kesibukannya dalam meriset produk RCB Indonesia, pria yang cukup lama hobi modif motor ini mengubah Revo Matic tersebut ke gaya Honda Monkey. Sosok minibike custom dengan tata ulang di banyak bagian.

 

 

ENGINE. Bebek matic dari Honda yang terbilang rare.



Langkah awal modifikasi yang dilakukan Robby, adalah membongkar total bebek matic injeksi 110cc tersebut, untuk mendapatkan skema dan konsep Monkey nantinya. Tentu saja, semua bodypart hingga part standar Revo terpaksa dimuseumkan.



Kemudian, rangka pun ditata ulang agar lebih pendek, namun kompak. "Bagian subframe, terutama yang belakang dipapas abis. Main frame juga dikurangi sekitar empat senti, sehingga terlihat lebih pendek," jelas Robby.

 

 

TANGKI. Comot aksen CB100.



Begitu customisasi rangkanya sukses, barulah dipilih komponen atau part akseso pendukung buat menciptakan konsep Honda Monkey. Untuk empang premiumnya alias tanki sama side covernya dicomot dari CB100. Sedang shroud-nya memakai bawaan Yamaha V70.

 

 

JOK SINGLE. Custom egois, bukan buat boncengan.



Sedangkan untuk sektor kaki-kaki, juga dipilih part yang bisa terlihat memadatkan tampilannya. Buat peleknya, mengandalkan spek Nmax ring 13 yang dibalut dengan ban IRC ukuran 110/70 untuk depan juga belakangnya. Brake system-nya juga bawaan Nmax, dari cakram, kaliper dan master rem.

 

 

SOK BELAKANG. Ditopang produk RCB.



Sementara, peredam kejutnya mengandalkan kombinasi stock di sisi depan, dan produk unggulan RCB yakni RB2 Plus untuk menopang rear end. “Dengan menggunakan sok RCB untuk belakangnya, bisa menambah penampilannya lebih terkesan ada aura mewahnya," lanjut Robby.

 

 

SETANG KOMPAK. Mini ape hanger.



Memaksimalkan pakem Monkey yang mini tapi kompak, asesoris penunjang khas Monkey juga dijejalkan. Paling utama, lampu gado-gado kombinasi dimulai headlamp Yamaha Scorpio Z. Stop lamp-nya dari Honda C70, dan lampu sein Honda CB100, karena modelnya pas yaitu bulat.

 

 

KAKI-KAKI. Comot bawaan NMax, dari pelek, ban hingga pengereman.



Tak ketinggalan, setang semi-ape hanger yang dilengkapi handgrip RCB, serta guyuran warna silver yang terinspirasinya Honda Monkey Z50 Special. Mesinnya sendiri tidak dioprek sama sekali, dapur pacu PGM-FI ini cukup ditunjang corong knalpot R9 GP Series.  Istimewa !

 

 

TAMPILAN. Mini, trendy tapi kueren.





SPEK MODIF
SOK DEPAN : Standar Revo, SOK BELAKANG : RCB, PELEK : Nmax ring 13, BAN : IRC 110/70-13, TANGKI : Custom, LAMPU UTAMA : Scorpio Z, BRAKE LAMP : C70, SIGN : Variasi CB100, KNALPOT : R9 Performance, MODIFIKATOR : By owner.





naskah/foto ; rif