HONDA CBR250 RR 2017 - TANGERANG : Kian Gahar & Bengis Bertabur Asesoris RCB

MODIFIKASI CBR250RR. Tampang keren dan sporty, dengan part asesoris serba RCB.

Dirilis dengan DNA sport, CBR250RR memang sukses diminati penyuka motor garang. Meski dari standarnya cukup mumpuni, sedikit sentuhan modify pun bisa menambah gahar penampilannya, seperti yang dilakukan oleh Robby Ganie bareng timnya di divisi riset RCB yang dipasarkan oleh PT Enwan Multi Partindo (N1) Tangerang.

 

 

KALIPER BELAKANG. Lebih keren dengan produk RCB.



Kalau diperhatikan secara konsep, rekontruksi modifnya dibilang sangat sederhana. Tapi hasilnya brother lihat sendiri kan, proporsional dan kelihatan sangat macho sekali. "Untuk body part aksesorisnya saya memakai RCB, sedang untuk knalpotnya saya custom sedikit memakai Proliner XR1. Pasalnya untuk knalpot ini sebenarnya secara marketnya diperuntukkan buat motor trail. Tapi ternyata ok juga buat di motor CBR,”ungkap Robby, yang mengaku jika motor yang dibeli 2017 silam ini belum pernah dipakai sama sekali di jalan raya.

 

 

FRONT END. Lebih keren dikombo pelek palang.



Rombakan awalnya, upgrade kaki-kaki. Disiapkanlah velg RCB type SP 522, yang diperuntukkan buat Kawasaki KRR lengkap gear-set nya. Sangat mudah bagi RnD mengaplikasikan velg RCB SP 522 yang sebenarnya buat Kawasaki KRR tapi untuk modif kali ini difungsikan ke Honda CBR 250 RR.

 

 

MONOSOK BELAKANG. Pasang varian DB2 spesial buat CBR250RR.



"Untuk depan, diakali dengan bushing roda untuk kiri dan kanan. Sedang untuk kaki bagian belakang, custom dengan membuatkan braket disk disesuaikan kebutuhannya. Buat pembuatan braket diperlukan plat setebal 6mm dan dibentuk sesuai keperuntukkannya,”jelas Robby.

 

 

PIJAKAN KAKI. Sedikit custom biar pas dipasang.



Sedang untuk penyalur daya gerak roda belakang, dipilih rantai SSS sekaligus gir depan dan belakangnya. Sukses merangkai part bagian kaki-kaki, dilanjut mensetting brake system atau sistem pengereman. Masih menggunakan body part aksesoris RCB buatan Malaysia, buat fungsi pengereman bagian depan dipilih caliper RCB model S3 dua piston. Sedang untuk yang belakang dicangkokkan caliper RCB S45 universal.

 

 

TAMPANG DEPAN. Lebih agresif dan sangar.



Secara tampilan luar, memang profilnya tak berubah, tetapi jadi eye-catching karena  dipanteng body part aksesoris RCB. Dilanjutkan merombak tampilan anjungan muka. Master remnya tetap ditancapkan brand RCB model S set, hanya untuk sisi kiri bagian kopling dilindungi oleh lever quard RCB type GP 2 pastinya biar lever rem depannya aman. "Kita pasangg juga pijakan kaki RCB, meski ini buat R25 tapi sedikit dicustom," tambahnya.

 

 

ASESORIS SERBA RCB. Dari handle hingga pernak-pernik lain.



Menambah daya redam, suspensi juga ditingkatkan. Kombinasi sok up side down di sisi depan dipadukan monosok aftermarket yang juga dari produk RCB yakni, DB2.  Sok ini tinggal pasang alias plug-and-play, karena RCB DB2 memang ada yang khusus buat CBR250RR.

 

 

PENAMPILAN. Cita rasa modifikasi khas RCB.



Modifikasi yang dikerjakan selama 14 hari ini pun dipungkasi dengan ditancapkannya gas buang knalpot Proliner model terbaru yaitu XR1, dengan sedikit ubahan leher dan braketnya.  Terakhir, tambahan cutting sticker yang memainkan garis-garis striping dan logo-logo brand produk yang dipasarkan oleh PT. Enwan Multi Partindo (N1), menambah atraktif dan sporty khas CBR series.

 

 

CORONG KNALPOT. Proliner XR1 custom.





SPEK MODIF
PELEK DEPAN / BELAKANG : RCB SP522 (KRR), KALIPER DEPAN : RCB S3 2P, KALIPER BELAKANG : RCB S45 Universal, MASTER REM & KOPLING : RCB S-series, LEVER GUARD : GP2, PIJAKAN KAKI ; RCB, SUSPENSI : RCB DB2, KNALPOT : Proliner XR1 Custom, GEAR SET : SSS.




naskah/foto : rif