2021 Kymco F9 : Skuter Listrik Desain Futuristik & Agresif

F9 BERGAYA FUTURISTIK. Skuter listrik terbaru dari Kymco.

Lewat acara digital Time to Excite, Kymco resmi meluncurkan beberapa model motor terbaru 2021, salah satunya adalah model skuter listrik terbaru yang diberi nama Kymco F9. "Ini adalah motor listrik yang cool, dengan motor listrik 9,4 kW dan didesain buat pengendaraan sport jalan raya," begitu kata Allen Ko, chairman Kymco.

 

 

TAMPANG. Buritan terlihat kompak dan buntung, ala Eurofighter.



Ucapan Allen Ko memang menggambarkan bagaimana performa dan tampang Kymco F9 yang terasa futuristik dan sporty abis, cocok buat pengendaraan jalan raya. Sekilas tampang F9 memang sangat agresif, meskipun sejatinya kecepatan puncaknya hanya 110 km/jam atau 68 mph. Bagi Kymco, F9 bukan hanya sebuah urban electric scooter biasa, tapi juga masih sanggup diajak laju di jalan raya.

 

 

LAMPU DEPAN. Futuristik.



Motor listrik 9,4 kW dengan torsi sebesar 30Nm bisa dilontarkan ke roda belakang, berkat sokongan battery-pack 96V dan 40Ah yang berkapastias 3,84 kWh. Dari spek ini, selevel dengan motor listrik lain yang sudah beredar, seperti Zero FX atau FXS.  Dengan bobot sekitar 17 kg, battery pack ini sanggup mengantarkan pengendara F9 hingga jarak 120 km/75 mile, dan pastinya diklaim bisa dicharge dengan cepat, hanya dua jam saja.

 

 

RANGKA. Trellis dengan mesin sebagai stressed-member.



Nah, yang menarik dari F9 ini tidak hanya tampang futuristik dan agresif saja, tetapi adanya transmisi di motor listriknya. Kymco membenamkan satu set transmisi otomatis 2 speed yang bisa dipindah sesuai keinginan. Dengan begitu, memungkinkan torsi tersalur sempurna, terutama untuk akselerasi.  Kymco mengklaim, akselerasi 0-50 km/jam hanya dalam waktu 3 detik saja.

 

 

RODA BELAKANG. Dikendalikan dengan girboks otomatis 2 speed.



Ditopang rangka trellis yang mana battery pack dijadikan stressed-member, Kymco F9 ini juga super lincah dan kompak. Meski bobotnya 107 kg dengan tinggi jok 790 mm, juga cocok dikendarai oleh biker segala postur. Dengan dimensi roda-roda serba 14 inch, plus sistem pengereman serba cakram baik roda depan maupun belakang, F9 jelas bisa jadi pilihan.

 

 

DISPLAY PANEL. Fitur komplit, termasuk info waktu pengecasan.

 





naskah/foto : punk/kymco