APRILIA TUONO V4 X : Hypernaked Full Power, Limited Hanya Diproduksi 10 Unit.

TUONO V4 X. Tampang agresif dengan setang tinggi.

Sukses dengan varian RSV4 X, Aprilia menelurkan versi special supersport gress bermesin V4, yakni Aprilia Tuono X. Diklaim sebagai kuda pacu paling powerfull dan paling ringan, dan tentunya super duper spesial serba terbatas, karena hanya diproduksi 10 unit saja.




Aprilia Tuono V4 X ini dikembangkan dan dirakit langsung oleh divisi Aprilia Racing di Noale, divisi balap yang sudah menyumbangkan total 54 kali juara dunia, termasuk tujuh kali juara WSBK yang semuanya menggunakan kuda pacu bermesin V4. Karena itulah, sekilas dilihat dari sisi tampang luar, benar-benar representasi dari kuda pacu balap Aprilia terutama RSV-GP MotoGP.

 

MODE KENDARA. Cocok untuk racing sirkuit.

 


Secara tampilan, Aprilia Tuono V4 ini merupakan hypernaked bersetang tinggi dengan posisi kendara yang agresif, sehingga bakal memberi pengalaman riding yang luar biasa racing. Jadi, butuh juga rider yang capable buat memaksimalkan performanya.

 

SPEK RACING. Diriset oleh divisi balap Aprilia.

 


Aprilia nggak main-main dengan pemunculan Tuono X ini. Riset dan uji cobanya dilakukan oleh pembalap Lorenzo Savadori di sirkuit Imola. Dan Tuono X pernah juga digeber oleh joki andalan Aprilia MotoGP, Aleix Espargaro saat sesi test di sirkuit Red Bull Ring Austria. "Tuono X ini keren, saya belum pernah mencoba motor spek balap dengan handle-bar tinggi, tapi Tuono ini beda karena tetap stabil meski menikung dalam kecepatan tinggi. Mesinnya juga luar biasa. Riding position dan elektroniknya juga menyenangkan," ulas Aleix Espargaro.

 

 

PIJAKAN KAKI. Aksen karbon.

 


Karena dikembangkan langsung oleh Aprilia Racing, banyak part dan spek yang diseting ala kuda pacu Aprilia MotoGP. Seluruh fairingnya terbuat dari karbon, plus grafis 'Bol d'Or' seperti di tipe Aprilia RSV1000R Factory. Model tangkinya memang hampir sama dengan Tuono, namun lebih ringan.


Selain itu, sistem elektrikal juga disederhanakan, plus tambahan racing-panel agar bisa menyesuaikan kontrol elektronik utama. Pastinya, cukup banyak part aluminium billet yang dipasang, dari tuas kopling, brake lever guard, pelindung crankcase mesin, dan pijakan kaki. Nggak heran juga jika bobotnya ringan, hanya 166 kg saja.

 

 

DISC BRAKE. Spek buatan Aprilia Racing.



Dapur pacunya sendiri berbasis RSV4 1100 Factory, namun dikombinasi part terbaru, seperti corong knalpot dari Akrapovic bahan titanium dan karbon, atau elemen Sprint Filter yang sama seperti di Aprilia MotoGP. Dari sisi tenaga, Tuono V4 bisa menyemburkan daya 221 hp, jauh lebih garang ketimbang factory-unit yang 217 hp..

 

CORONG KNALPOT. Ditopang produk Akrapovic.

 


Perangkat elektronik termasuk ECU juga disetting ala balap, jadi bisa full power. Apalagi, setelan standar seperti engine-brake, kontrol traksi dan anti-wheelie juga diset khusus balap sirkuit, sehingga benar-benar berspek ala Aprilia Racing.  Dari sisi undercarriage, banyak part yang identik balap, terutama suspensi dan pengereman. Rem Brembo yang dipasang, spek sama seperti Aprilia MotoGP.

 

PEMBELIAN. Bonus helmet KYT-NX.

 


Dengan harga 34,9 ribu Euro dan jumlah produksinya hanya 10 unit, Aprilia Tuono V4 X ni memang super mewah dan limited. Pembeli yang beruntung, juga bisa mengambil unitnya langsung di markas Aprilia Racing di kota Noale, dan bisa melakukan tour langsung di sana. Pastinya, mereka bakal mendapatkan sebuah helmet balap KYT-NX bergrafis khas Aprilia Racing.

 


naskah/foto : punk/aprilia