Bedah NGK MotoDX, Busi Berteknologi Racing Yang Cocok Buat Daily Using

NGK MotoDX. Busi premium terbaru dari NGK Busi Indonesia.

Melihat banyaknya pengguna motor yang menginginkan sesuatu yang lebih dari kuda pacu-nya, PT NGK Busi Indonesia mengakomodirnya dengan merilis satu lagi varian busi terbarunya, yakni NGK MotoDX. Busi yang terbilang premium dengan harga jual antara Rp 200-300 ribuan ini diklaim bisa meningkatkan performa motor meskipun buat harian sekalipun.



"Kita sudah melakukan banyak desain dan riset, terutama di dunia balap. Kemudian, kita bawa inovasinya dengan menciptakan busi untuk kendaraan roda dua, khusus buat harian. Jadi, bisa dibilang ini memakai teknologi racing tapi buat daily use," buka Ardhieta Wicaksana, Marketing Manager PT NGK Busi Indonesia.



Satu keunggulan yang ditawarkan NGK MotoDX ini adalah dari sisi bahan atau materialnya, yang mengkombinasikan Ruthenium dan Iridium yang dilebur untuk bahan bagian central-electroda. Dengan perpaduan dua bahan ini, menghasilkan efek ketahanan yang lebih baik, terutama di eletroda pusat kala terjadi pembakaran di silinder.

 

 

ELEKTRODA. Berbahan Ruthenium dan Iridium yang dilebur jadi satu.



"Karena materialnya istimewa, busi ini sangat keras dan titik lebur tinggi. Selain itu, kami mendesainnya dengan fokus peningkatan ketahanan busi sehingga menghasilkan performa mesin yang lebih baik," lanjut Wicak, sapaan akrabnya.



Tak hanya itu, busi NGK MotoDX juga dibuat dengan fitur teknologi racing terbaru. Seperti aplikasi teknologi Thermo Edge Insulator, yang mana menghasilkan titik api yang maksimal, sekaligus bisa mencegah kebocoran percikan apik. Dengan demikian, daya ledaknya lebih maksimal di ruang bakar. Selain itu, juga sanggup membersihkan sisa karbon dengan pembakaran yang sempurna.



"Bagian elektroda ground di busi NGK MotoDX ini juga didesain khusus, dengan bentuk D-shape, dengan tujuan mengurangi hambatan di ruang gakar, sehingga fuel-mix dapat berjalan mulus ke titik bakar, dan ledakan juga lancar dan sempurna," tambah Diko Octaviano, Aftermarket Technical Support NGK Busi Indonesia.

 

 

BUSI NGK MOTODX. Diklaim bisa meningkatkan performa mesin, dengan pembakaran yang lebih sempurna.



NGK Busi Indonesia sendiri telah melakukan pengetesan internal dengan NGK MotoDX ini, yang mana penggunaan busi yang dipasang ke motor test 250cc DOHC sanggup meningkatkan sisi responsibilitas engine 0,2 detik lebih cepat. Akselerasi motor dari titik diam sampai 80 km/jam juga lebih cepat waktunya. Selain itu, efisiensi mesin juga 2,3% lebih tinggi dibandingkan busi biasa berbahan nickel alloy.



"Efisien di sini penekanannya bukan keiritan, tetapi penggunaan bahan bakar lebih maksimal atau sesuai jarak tempuh, karena pembakaran yang lebih sempurna memakai busi NGK MotoDX," tutur Diko, yang memastikan busi ini bisa dipakai untuk semua jenis motor harian dari berbagai merek.




editor : punk, foto : ngk