BMW Indonesia Luncurkan New BMW M3 dan M4 Generasi ke-6 Terbaru, Ini Fitur dan Spesifikasi Lengkapnya

NEW BMW M3 DAN M4 GENERASI 6. Dirilis dalam M3 Competition dan M4 Coupé Competition.

Hampir lima dekade, BMW M Series telah menjadi simbol kendaraan sport performa tinggi, yang ditunjang kesuksesannya dalam kejuaraan balap dunia. Dan M3 dan M4 termasuk varian yang sangat diminati. Pun, BMw Group Indonesia juga meluncurkan M3 dan M4 generasi ke-6 yakni varian M3 Competition dan M4 Coupé Competition.



"BMW M3 Competition dan BMW M4 Coupé Competition terbaru menerapkan teknologi racing cars dari sirkuit ke jalan raya, dan sudah terbukti melewati ribuan putaran di Nürburgring Nordschleife yang legendaris, dan kita hadirkan sebagai icon sports cars terbaik dari BMW," ungkap Jodie O'tania, direktur komunikasi BMW Group Indonesia.



Secara tampilan luar, M3 Competition dan M4 Coupé Competition punya konsep yang sedikit berbeda, yakni basis sedan yang bisa diisi lima penumpang, dan coupe empat kursi. Namun, keduanya dibekali dapur pacu tangguh, yakni mesin 6 silinder inline dengan Twin Power Turbo, yang bisa mengeluarkan tenaga 510 hp dan torsi 650 Nm.

 





ENGINE & SASIS



Selain ditopang mesin 6 silinder inline, dua model ini juga ditunjang sistem pendinginan Indirect Charge air-cooling, sistem asupan udara yang mengoptimalkan aliran udara, dan sistem direct-injection yang bekerja dengan tekanan maksimum 350 bar membantu menghasilkan tenaga instan dan siap untuk putaran tinggi, tanpa interupsi untuk mencapai kecepatan tertingginya.

 

 

DAPUR PACU. Mesin 6 silinder inline dengan Twin Turbo Power yang bertenaga.



Dikombinasikan sasis rigid-nya, sportcar ini pun sangat lincah bermanuver namun stabil dalam kecepatan tinggi. Apalagi, dibekali dengan suspensi yang dikontrol secara elektronik berkat hadirnya fitur Adaptive BMW M-suspension. Selain itu, hadir juga BMW M-specific kinematics dan elastokinematika untuk as-roda depan dan belakang adalah fitur standar the new BMW M3 Competition Sedan dan the new BMW M4 Competition Coupé.



Undercarriage M3 Competition Sedan ditopang oleh forged BMW M light-alloy Double-spoke style 825 M Bi-colour Jet Black burnished, sedangkan the new BMW M4 Competition Coupé memakai pelek forged BMW M light-alloy Double-spoke style 826 M Bi-colour Jet Black burnished with Translucent Shadow.

 




DESAIN & TAMPILAN EKSTERIOR



BMW M3 Competition dan the new BMW M4 Coupé Competition memiliki desain yang berani sehingga memberikan pengalaman berkendara yang emosional. Kesan yang emosional itu tercermin dari BMW kidney-grill vertikal dengan kisi-kisi udara horizontal, fender yang lebar dengan BMW M gills di bagian depan dan kisi udara pada apron depan dan belakang.

 

 

M3 COMPETITION M4 COUPE COMPETITION. Dirilis dengan harga di atas Rp 2 miliar.



Kedua model, sedan dan coupé juga memiliki atap berbahan carbon-fibre-reinforced plastic (CFRP) dengan antena sirip yang dioptimalkan secara aerodinamis, spoiler belakang dan dua exhaust tailpipes khas BMW M. Pastinya, lampu-lampunya sudah mengakomodasi perangkat LED Adaptif dengan BMW Laserlight sebagai standar. Tampilan finishingnya juga aduhai, dengan pilihan warna eksklusif seperti Sao Paulo Yellow, Toronto Red metallic dan Isle of Man Green metallic. Ketiganya memperlihatkan warna yang tegas dan mencolok.






FITUR PENUNJANG



Melonggok ke dalam kabin, terlihat jika M3 dan M4 satu ini sudah dilengkapi paket M-Carbon yang dijejalkan tidak hanya ke interior trim dan central console, namun juga diperhalus hingga aplikasi pada bagian stir dan juga paddle shift.  Pengendara sendiri bisa memaksimalkan skill mengemudinya dengan memilih tiga mode kendara, yakni ROAD dan SPORT, dan TRACK melalui panel konsol yang berada di tengah, yakni tombol Mode M.

 

 

SUASANA KABIN. Memberi kesan berani dan emosional.



Selain fitur safety standar BMW M Series, model ini juga dilengkapi driving-assistance system yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan juga meringankan beban pada sang pengemudi keitka melintasi sebuah kondisi jalan yang tidak menentu. Termasuk  Active Park Distance Control dengan sensor di depan dan belakang, Front Collision Warning with brake intervention dan Lane Departure Warning. Fitur Parking Assistant 2.0 yang dilengkapi dengan Surround View system, juga dengan Reversing Assistant hadir sebagai standar.



Selain itu, BMW juga memberikan kontrol iklim 3-zone climate control, pencahayaan interior LED termasuk ambient lighting, dan sistem speaker Harman Kardon meningkatkan kenyamanan dalam berkendara sehari-hari dan dalam perjalanan yang lebih jauh.

 

 

INTERIOR. Ditunjang fitur yang komplit.



Yang tak kalah canggih, kedua kendaraan ini hadir dengan fitur BMW Live Cockpit Professional dan BMW Intelligent Personal Assistant serta integrasi smartphone nirkabel yang diperbarui memungkinkan penggunaan Apple CarPlay dan Android Auto melalui sistem operasi mobil.





HARGA



BMW Group Indonesia meluncurkan The new BMW M3 Competition dengan harga Rp2.059 miliar off the-road dan untuk the new BMW M4 Competition Coupé dibanderol dengan harga Rp2.119 miliar off the road. Tidak hanya itu, BMW Group Indoensai juga menghadirkan varian The new BMW M3 Competition Individual yang dihargai Rp2.599 miliar off the road, dan the new BMW M4 Competition Coupé Individual seharga Rp2.659 miliar off the road.





editor : punk, foto : bmw