Ternyata, Speaker Mobil Mewah asal Inggris Ini Buatan Surabaya

BENTLEY. Salah satu brand yang menggunakan speaker dari SBE.

Dikenal sebagai salah satu brand premium yang mempunyai line up mobil berkualitas tinggi dan mewah, Bentley yang kini dinaungi oleh Volkswagen Group rupanya  menggunakan speaker buatan Indonesia, yang mana perlengkapan pemanja telinga ini dipasok oleh CV Sinar Baja Electric (SBE) asal Surabaya.



Didirikan tahun 1981, SBE memang berkembang menjadi salah satu produsen utama speaker di Indonesia, yang punya kapasitas produksi cukup besar, hingga 12 juta unit speaker per tahun. Produknya pun beragam, dari Car Audio, Hi-End Audio, hingga Professional Audio, baik dengan merek sendiri maupun untuk keperluan original equipment manufacture atau OEM. Beberapa brand yang dimiliki SBE antara lain SB Acoustics, ACR dan Rhyme.



Selain itu, SBE tidak hanya melayani  kebutuhan dalam negeri saja, tetapi juga mampu  mengekspor produknya hampir ke seluruh dunia, baik di Asia, Australia, Amerika maupun Eropa. Tidak hanya brand legend seperti Bentley asal Inggris yang menggunakan produknya, tetapi juga merek-merek lain seperti Harman Revel, Yamaha, Honda, dan Hyundai.



"Kami mengapresiasi kinerja perusahaan yang tidak hanya sukses menembus pasar ekspor, tetapi juga mendapat kepercayaan dari brand besar dunia. Ini mencerminkan kualitas tinggi dari produk-produk perusahaan tersebut. Apalagi, customer-nya juga bermain di segmen luxury, artinya produk dalam negeri sanggup bersaing di tingkat high-end," tutur Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, saat berkunjung ke pabrikan SBE di Margomulyo Surabaya.





editor : punk, foto : istimewa