mTOYOTA : Aplikasi Pemanja Konsumen Millenial Toyota

mTOYOTA. Layanan pelanggan berbasis aplikasi digital.

Trend digital yang masif benar-benar perlu disikapi dengan langkah konkrit. PT Toyota Astra Motor (TAM), agen pemegang merek Toyota di Indonesia pun menyiasati dengan gebrakan aplikasi digital gress bernama mTOYOTA.




Tentu saja, aplikasi ini digeber oleh TAM untuk meningkatkan kapabilitas digitalisasi demi kemudahan akses bagi pelanggan. Apalagi selama satu dasawarsa terakhir, trend dan pertumbuhan internet bergerak sangat cepat, didukung pula perkembangan teknologi digital. Sehingga, membuat perubahan perilaku dan karakter konsumen terhadap produk yang akan dibeli dan layanannya. Intinya, juga menyasar generasi milenial yang lebih sering mengakses layanan via ponsel pintar.


Sebelumnya, konsumen cenderung mencari informasi secara offline. Namun, saat ini dengan tingginya penetrasi internet, tren teknologi pun bergeser pada ArtificialIntelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan e-commerce yang membutuhkan personalisasi lebih dan one stop digital experience yang menciptakan interkonektivitas.

 

JAJARAN PETINGGI PT TAM. Presdir Yoshihiro Nakata (tengah) bersama Wakil presdir Henry Tanoto (kedua kanan), jajaran Direktur Anton Jimmi Suwandy (kedua kiri), Kazunori Minamide (kanan) dan Darmawan Widjaja (kiri) pada acara peluncuran aplikasi digital terbaru mToyota, di Jakarta, Kamis (5/12).



"Untuk bisa mengikuti perkembangan dunia digital, apalagi dengan kompetisi yang semakin ketat, perlu hal baru yang dikembangkan, terutama untuk konsumen. Artinya, butuh adanya digital approach baru untuk meningkatkan engagement, dan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan melalui kemudah akses," tutur Yoshihiro Nakata, President Director PT TAM, saat peluncuran mTOYOTA, di Plaza Senayan, Jakarta, hari ini. "Kami berharap, mTOYOTA dapat semakin meningkatkan pelayanan Toyota kepada pelanggan, secara digital," tambah Kazunori Minamide, Marketing Director PT TAM.



Aplikasi mTOYOTA sendiri dikembangkan sebagai mobile apps yang mengintegrasikan telematics, chatbot, loyalty, online marketplace, value chain, dll. ke dalam satu aplikasi digital. Tak hanya itu, aplikasi mToyota juga memiliki fungsi emergency button. Aplikasi juga terintegrasi dengan chatbot virtual assistant TARRA. Selain itu, juga terdapat fitur-fitur lain, seperti booking service, remainder membayar pajak, informasi komunitas, dan games.

 

PELUNCURAN mTOYOTA. Untuk memudahkan konsumen di era digital.



Toyota Indonesia sendiri kali pertama mulai mengembangkan digital approach lewat situs resmi Toyota Indonesia (www.toyota.astra.co.id). Tak ketinggalan, juga eksis di media sosial seperti Youtube ToyotaIndonesia, Facebook ToyotaID, Twitter account @ToyotaID, serta Instagram @toyotaID, dan Digital Pressroom khusus memenuhi kebutuhan informasi rekan media tentang Toyota.



2019, Toyota Indonesia sudah merilis Toyota Interactive Virtual Assistant “TARRA”, sebuah plaform berbasis chatting untuk menjawab kebutuhan pelanggan secara lebih cepat, efektif, dan efisien. Pasalnya, TARRA mampu merespon secara real time dan personalized, selama 24 jam 7 hari.




naskah/foto : punk/istimewa