TOYOTA COROLLA DX 1982 - TANGERANG : RETRO KLASIK TAMPIL ASIK

MODIFIKASI COROLLA DX TAHUN 1982. Original Bodi Tampil Klasik.

Modifikasi mobil lawas, biasanya karena sang owner ingin nostalgia. Begitu pula dengan Robby, yang tinggal di Citra Raya, Tangerang ini. Kecintaannya dengan mobil tua, telah berhasil memoles mobil kesayangannya Toyota Corolla DX tahun 1982 lebih ke style retro. “Aku suka dengan Corolla DX karena punya nostalgia tersendiri dengan mobil seperti ini saat masih SMA dulu,” kenang Robby.



Robby lanjut mengisahkan rekayasa modif yang dilakukan sendiri. Menurutnya awal mula dapat mobil Corolla DX, kondisinya cukup berantakan baik interiornya maupun exteriornya. Lalu satu persatu mulai dibenahi sendiri. Langkah pertama body luar mulai disemprot cat ulang dengan warna cream solid. “Saya memilih warna itu biar warnanya seperti mobil Peuogeot 505 GR yang tahunnya sama," tukasnya.




UNDERCARRIAGE

 

UNDERCARRIAGE. Paduan pelek L2S Racing Wheels dan ban Accelera.



Sukses memoles tampilan luar, baru merombak kaki-kaki. Jelas sasarannya mengganti velg bawaan mobil dengan velg racing L2S Racing Wheels. Sizenya juga dibesarkan, dinaikan 4 inch dari standartnya yaitu R17 dengan lebar depan 8 belakang 9 inch off set 42.

 

Biar kelihatan tapaknya lebar pastinya, velg racing racing tadi lalu dibalut ban Accelera untuk depan dipakai ukuran 195/40-17 dan belakang 205/40-17. Pemakaian offset 42 perlu ditambah spacer setebal 12mm, biar bibir ban rata dengan fender. Dilengkapi pula dengan centre bore supaya aman. Mengejar tampilan mobil-mobil masa kini.




CUSTOM PER ZEBRA & KATANA

 

TAMPANG RODA. Kekar tapi juga nyaman.


Masih di sektor kaki-kaki, biar kelihatan ceper untuk pernya dihilangkan 2 ulir. Kemudian untuk shocknya juga sudah diganti bawaan Suzuki Jimmy Katana untuk belakang, kemudian shock depannya justru memakai Daihatsu Zebra. Tentunya dengan dilakukan rombakan frontal untuk sektor kaki-kaki ini mengejar kenyamanan saat dikendarai.




LAMPU-LAMPU & DETAILING

 

DETAILING. Lampu dan pernak-pernik yang simpel.


Kemudian aksesoris tambahan juga dilakukan diantaranya menganti headlamp juga stoplampnya. Tanpa menghilangkan ciri khas mobil jadul yang identik dengan lampu kotaknya. Begitu pula lampu penunjuk arah belok alias sign, biar kelihatan unik Robby memilihnya yang berwarna putih.




STEERING, SEAT & DASHBOARD

 

SETIR. Pakai Momo 14 inchi.



Ubahan interior, jok semuanya dibungkus kulit sintetis berbahan Mbtech. Warnanyapun disesuaikan warna cat luar, membuat tampilan mobil ini semakin terkesan klasik elegan. Dinding kabin untuk tempat speaker buat audio juga sudah dibalut Mb tech.

 

Jadi kesannya rapi, dan nyaman untuk perjalanan bersama keluarga. Biar lebih tampil unik lagi, untuk lingkar kemudinya diganti merk Momo ukuran 14 inch. Untuk bagian konsol tengah menggunakan ex konsol cockpit dan tempat tissue atas biar kelihatan keren.




DAPUR PACU

 

ENGINE. Masih enak diajak laju.



Lanjut ke bagian ruang dapur pacunya alias engine juga dibuat serapi mungkin. Kop silendernya dicat warna merah. Juga disematkan stut bar dicustom sendiri dengan pipa seamles tebal 3mm depan dan belakang. Filter udaranya diganti dengan model terbuka kembaran K&N. Juga untuk kelistrikannya dibuat modern dengan mengganti platina dengan CDI. Modifikasi ini dipungkasi oleh Robby dengan menancapkan knalpot header model 4-1dengan peredam bahan stainless. Biar kelihatan klimis semua emblem Toyota dibuang.

 

EKSTERIOR. Guyuran warna creamy.





naskah/foto : rif