BOLODEWE COSTUM PAINT & AIRBRUSH - BARABAI : Bermodal Awal Kompresor Rakitan & Suport Teman Seperjuangan, Kini Rujukan Modilover Hulu Sungai Tengah

ALDI DIATAMA. Kreator paint dan brush Bolodewe.

Dari namanya, Bolodewe identik dengan kata Jawa yang bisa berarti teman sendiri. Berkat  teman ini pulalah, nama bengkel cat dan airbrush "Bolodewe" asal kota Barabai di Kalsel bisa berkibar.

 

HASIL KARYA. Diusahakan terbaik dan memuaskan konsumen.



"Kita nih termasuk newbie di dunia modifikasi cat dan airbrush. Dulu, Ototrend sempat bikin acara kontes di sini, dan saya lalu tertarik karena banyak motor bagus. Yah akhirnya nyemplung beneran setelah coba-coba modif cat," ucap M. Aldi Diatama, sang komandan Bolodewe Costum Paint & Airbrush, membuka obrolannya.


Aldi Diatama paham betul, ternyata cukup banyak penyuka modif di kotanya, namun kreator atau modifikatornya kurang. Untuk beli variasi ataupun modif pun, kadang harus ke kota lain. Kalau pun ada, hanya skala rumahan. Dari beberapa kali event, sembari belajar otodidak, baik dari media online, youtube ataupun ngepoin Otre, dia pun akhirnya fokus ke pengerjaan pengecatan dan airbrush.

 

TEKNIK PENGECATAN DAN BRUSH. Dari realis, grafis hingga animasi.



"Tau lah kalo di daerah. Bukan hanya bengkel, alat dan bahannya yang kurang. Orang yang bikin itu juga jarang, apalagi cat dan airbrush. Karena itulah, saya yakin dengan mulai coba-coba pengecatan," tukasnya. Aldi Bolodewe pun tidak serta merta langsung bisa. Bukan hanya karena juga sambil belajar, tetapi juga sempat kurang modal.



Meski begitu, doi juga kreatif. Mengakali kurangnya alat, untuk pengecatan dan airbrush dia menggunakan kompressor bekas kulkas yang dimodifikasi. "Penbrush pun dulu pakai yang seken, ditawari dari  teman juga," kisahnya. Akhirnya, perlahan gerai ini pun bisa dikenal berkat banyaknya konsumen yang order, terutama di seputaran Barabai dan Kalimantan Selatan umumnya.

 

MEDIA. Juga menerima pengecatan mobil.


Satu hal yang bikin doi semangat berkreasi di bidang cat ini, dukungan seorang teman yang juga sesama perantauan. "Awalnya bingung juga, namun ada teman yang selalu ngasih masukan. Dari sekedar cat coba-coa, bikin grafis simpel, lalu lanjut tribal dan yang lain. Dari situ juga saya pakai nama Bolodewe," tutur Aldi.

 

TREND PENGECATAN BARU. Water transfer juga diaplikasi.



Saat ini, Bolodewe menerima pengerjaan semua jenis pengecatan dan airbrush, baik diaplikasi ke motor, mobil, sepeda angin, helm, perabotan rumah ataupun media lain. Aliran cat dan brush yang dianutnya pun berkembang, baik grafis, realis hingga animasi. Aldi juga mengembangkan banyak teknik terbaru sekarang, termasuk cat laminasi, celup atau water transfer hingga carbon look dan efek-efek lain.

 

MODIFIKASI CAT. Juga sertakan teknik dan trend baru.



Ongkos pengerjaan pun relatif dan bisa disesuaikan budget. Untuk polosan misalnya, berkisar 700 ribu sampai satu jutaan. Sedangkan untuk airbrush, di atas 1,3 jutaan tergantung motif, bahan dan tingkat kesulitan. "Kalo soal harga modif cat bisa disesuaikan, karena daerah mas, jadi ongkos segitu masih ada yang nawar. Yang pasti, kita berusaha melayani dan ngasih hasil terbaik," ucap Aldi.



BOLODEWE CUSTOM PAINT & AIRBRUSH
da. Bulau Indah Baru, Banua Binjai,

Barabai,
Kab. Hulu Sungai Tengah,

Kalimantan Selatan
CP : +62 858-2166-1919.

 

naskah/foto : punk