HUD_AIRBRUSH - PEKALONGAN : Berlatar Seni Rupa, Ingin Kembangkan Trend Realis Kekinian

NURUL HUDA. Berlatar seni, intensif dalami airbrushing.

Berkat gelontoran trend-trend gress dari Ototrend, bermunculan banyak kreator baru yang punya kreasi berbeda. Tidak hanya mencoba berkiprah di sengitnya dunia modifikasi yang kian eksplosif, tetapi banyak juga yang mengedepankan ciri khas masing-masing. Hud_Airbrush asal Pekalongan, termasuk salah satu 'tukang cat' yang melakoni debut dengan keunikan garapannya.

 

HASIL KARYA. Kebanyakan untuk harian.


Belajar otodidak ataupun dari ilmu formal, pengecatan dan airbrush termasuk dunia yang dihuni kreator selangit. Hud_Airbrush pun terbilang pelaku airbrush yang berlatar pendidikan seni. "Sebelum terjun di dunia airbrush, saya memang sempat kuliah lewat jalur bidikmisi. Gegara semasa kuliah saya juga sering jual beli motor jadul seperti CB, GL atau C70, dari situ juga semakin suka hobi motor," kelakar Nurul Huda, nama lengkap Hud_Airbrush yang juga sering dipanggil Gedel Brush tersebut.

 

ALIRAN BRUSH. Lebih banyak main realis, meski juga siap garap grafisan.



Sayangnya, Nurul Huda tidak sempat melanjutkan jenjang kuliahnya hingga tuntas, karena ingin bekerja membantu ekonomi keluarga. "Sempat bimbang juga sih. Setelah sempat kerja ikut orang, tapi akhirnya saya memutuskan coba buka bengkel sendiri," tukas mahasiswa Unnes tersebut. Meski begitu, modal kompresor bekas yang sering ngadat sempat jadi pemicunya untuk bekerja giat lagi. Ditunjang keahlian seni dan otomotif pun bisa diwujudkan dalam wadah airbrush motor.

 

SAMA-SAMA BELAJAR. Sering sharing ilmu dengan brusher lain.



Sejak mulai buka bendera sendiri dua tahun silam, banyak karya yang dihasilkan Hud_Airbrush. Namun, sebagian besar karya yang digarapnya merupakan untuk pemakaian harian, sehingga sangat jarang dipajang di arena otocontest.

 

"Kalo saya pribadi sih  belum pernah ikut kontes. Tapi, ada beberapa motor garapan saya yang juara di kontes Pekalongan beberapa waktu lalu," jujurnya.  Saat ini, Hud_Airbrush lagi intensif mengerjakan motor bernuansa glitter sebagai dasar cirinya, plus tambahan beberapa item pendukung seperti gambar realis, decal, strip grafis dan goldleaf di atasnya. 

 

TOTALITAS. Dikerjakan dengan mood dan intuitif, demi hasil terbaik.



Beruntung, Hud_Airbrush juga punya banyak koneksi teman-teman seperjuangan, karena itulah doi sering bertukar pikiran dan belajar dengan sesama brusher, seperti mas wanto @wantotukangjiplak Ungaran @bakulpring jatim dan @mankbill Bali, sehingga dia pun juga bisa mengembangkan keahliannya lebih mendalam.  "Untuk ke depan masih ingin memaksimalkan teknik realis dengan bermain warna. Selain itu, masih ingin belajar teknik-teknik lain yang masih jadi trend pengecatan dan airbrush saat ini," yakin pemakai cat bakar/pun beragam merek seperti Vaganza,  Wanda, dan Penta ini.

 

PENGERJAAN. Sebisa mungkin detail dan selesai tepat waktu.



Untuk pengerjaan cat dan airbrush sendiri, Hud_Airbrush tidak mematok aliran tertentu, namun dia lebih prefer ke kombinasi realis dengan teknik freehand. Dengan pengerjaan finishing rata-rata empat lima lapis, Hud_Airbrush juga berharap hasilnya tidak mengecewakan, apalagi dia berusaha menyelesaikan dengan deadline waktu tidak lebih dari dua bulan untuk setiap motor garapan realis dan sebulan untuk brush grafis.  Pastinya, ongkos pengerjaan pun bisa dikomunikasikan, tergantung bahan, teknik dan tingkat kerumitan pengerjaan.



HUD_AIBRUSH ( GEDEL BRUSH )
Ds. Pegandon RT 01 RW 01 Kec. Karangdadap
Kab. Pekalongan CP : +62 857-2642-0151



naskah/foto : punk/istimewa