Menjajal Performa BYD Seal Di Sentul, Akselerasi 0-100 Km/Jam Hanya Empat Detik !

BYD Seal merupakan satu dari tiga model EV terbaru yang diperkenalkan oleh BYD ke pasar otomotif nasional, selain BYD Dolphin dan BYD Atto 3. Mobil listrik yang memiliki performa tinggi ini mengusung tampilan yang sporty dan agresif, dan juga sangat cocok dipacu di lintasan balap.

 

Difasilitasi oleh PT BYD Motor Indonesia, Ototrend pun berkesempatan menjajal BYD Seal ini di sirkuit internasional Sentul, Bogor weekend silam. Secara spek, BYD Seal dikeluarkan dalam tiga varian, yakni Dynamic, Premium, dan Performance. Dan khusus untuk test drive di Sentul ini, kami mencoba BYD Seal varian tertinggi yang berpenggerak all-whell drive (AWD).

 

2024 02 test byd seal sentul 5

 

Saat masuk ke dalam kabin dan duduk, kami merasakan jika posisi kendara BYD Seal ini sangat nyaman dan seat bisa diatur lebih dulu. Lingkar setirnya pun pas digenggam. Ditemani oleh instruktur dari BYD, kami mencoba menjajal bagaimana akselerasi dan top speed mobil ini, mengingat Seal varian performance sanggap melaju dari posisi diam ke kecepatan 100 km per jam hanya dalam waktu 3,8 detik.

 

Saat navigator meminta kami untuk menginjak pedal gas dalam-dalam saat lampu hijau, mobil pun melesat kencang dan mampu menembus kecepatan 100 km per jam dalam waktu kurang dari empat detik.

 

2024 02 test byd seal sentul 3

 

Selain menjajal akselerasi, kami juga mencoba braking performance, terutama mengerem sebelum memasuki belokan tajam dan beberapa tantangan berikutnya. Kestabilan ketika memasuki tikungan juga mumpuni, dan akselerasi begitu keluar tikungan juga terasa.

 

Yang menarik, kami juga sempat menjajal salah satu fitur penunjang di BYD Seal ini, yakni kamera 360 derajat. Mengemudi dengan seluruh kaca tertutup dan hanya mengandalkan kamera 360 derajat dan melihat layar monitor 15,6 inchi, ternyata juga sangat membantu.

 

2024 02 test byd seal sentul 2

 

Pastinya, tidak hanya dari sisi performa yang menjadi unggulan BYD Seal. Tongkrongan luar Seal pun menarik. Head Product BYD Motor Indonesia Bobby Bharata menyatakan, desain Seal mengikuti konsep ocean aesthetic salah satunya seperti tampak pada bagian rear bumper fog lamp yang menyerupai ombak.

 

2024 02 test byd seal sentul 4Luther T. Panjaitan selaku Head of Marketing and Communications PT BYD Motor Indonesia & Bobby Bharata selaku Head Product BYD Motor Indonesia saat test drive BYD Seal di Sentul.

 

"Seal adalah mobil dengan performa tinggi yang juga mengutamakan safety, intelligence, dan aesthetic,’’ tutur Bobby. 

 

BYD Seal sendiri dikeluarkan dalam tiga varian, yakni Dynamic (61,44 kWh) dapat menempuh jarak hingga 510 km, varian Premium (82,56 kWh) memiliki jangkauan hingga 650 km, dan varian Performance (82,56 kWh) yang memiliki jangkauan hingga 580 km.

Varian Dynamic menggunakan motor listrik RWD bertenaga 201 dk dan torsi puncak 310 Nm, sedangkan varian Premium bertenaga 308 dk dengan torsi 360 Nm. Sementara BYD Performance yang merupakan varian tertinggi dengan motor listrik di roda depan-belakang (AWD) bertenaga hingga 523 dk dengan torsi puncak 670 Nm.

Naskah / Foto : Masdon

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER