Ini Dia, Fitur Komplit Yang Ada di All New Corolla Cross

All New Corolla Cross yang baru saja 'dibrojolkan' oleh Toyota Astra Motor punya dua varian yang semuanya memiliki transmisi CVT yaitu All New Corolla Cross 1.8 versi Gasoline dan All New Corolla Cross Hybrid Electric Vehicle (HEV). Apa saja fitur yang disematkan ke urban SUV ini?

 

COROLLA CROSS YANG BARU SAJA DIPERKENALKAN TOYOTA. Fitur lengkap pemanjang pengendara.



Dari sisi dapur pacu, Cross ini menggunakan dua varian engine, yaitu mesin bensin dan HEV. Untuk tipe bensin yakni 1.8L 2ZR-FE berpower maksimum 140 ps/6.400 rpm dan torsi 17,5 kgm/4.000 rpm. Sedangkan tipe HEV atau hibrid berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC teknologi VVT-i yang berpower maksimum 98 PS dan torsi 14,5 Kgm. Motor listriknya mampu menghasilkan power maks sebesar 72 PS dan torsi 16,6 Kgm. Power unit ini lebih efisien dan emisi CO2-nya juga lebih rendah dari model gasoline.

 

 

DAPUR PACU CROSS. Dua spek engine, yakni berkode 1.8L 2ZR-FE dan 2ZR-FXE untuk tipe hibrid.



All New Corolla Cross HEV menjadi produk ke-7 dalam keluarga Toyota di Indonesia yang menggunakan teknologi elektrifikasi, dimulai oleh Toyota Prius HEV sebagai pelopor, dan diteruskan oleh Camry HEV, Alphard HEV, Corolla Altis HEV, C-HR HEV dan Prius PHEV.



SUV perkotaan dengan kapasitas 5-penumpang ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Corolla Cross memberikan ruang yang memadai antara bangku baris pertama dan kedua, termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman. Wheelbase sejauh 2.640 mm tidak hanya membuat area kabin semakin lapang, tapi juga memastikan mobil terasa nyaman di jalan, plus volume bagasi yang luas dengan ketinggian lantai yang pas untuk mempermudah meletakkan barang.

 

 

KABIN. Ruang yang lapang antara baris satu dan kedua.



Head clearance Cross sejauh 105 mm di depan dan 87 mm di belakang juga memberikan ruang nyaman bagi penumpang di area depan dan belakang. All New Corolla Cross menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk dan nyaman, sehingga terasa pas untuk mengajak seluruh anggota keluarga melewati jalan perkotaan, tol, dan pedesaan, termasuk dengan adanya ground clearance setinggi 165 mm. Visibilitas keluar tinggi membuat pengemudi All New Corolla Cross mempunyai kemudahan dan keyakinan tinggi dalam memantau kondisi sekitar mobil.

 

 

INTERIOR MEWAH & ELEGAN. Dilengkapi steering switch.



Serta radius putar 5,2 meter yang memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan. Ruang kabin atau interior All New Corolla Cross elegan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

 

 

HEAD UNIT. head unit 9 inchi IPS display dilengkapi radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command.



Ada satu fitur simpel yang khusus disematkan di Cross pasar Indonesia, yakni fitur pengecekan saldo kartu elektronik yang terdapat pada headunit. Fitur ini didukung Near-field communication (NFC) sama seperti digunakan pada ponsel yang sudah bisa mengecek saldo kartu elektronik. NFC adalah bentuk komunikasi tanpa kabel antar dua peralatan elektronik dalam jarak dekat sekitar 4 cm atau kurang. "Ini spek khusus untuk Indonesia, dan pastinya akan lebih memudahkan konsumen untuk mengecek saldo kartu elektroniknya," kata Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi.

 

 

DISPLAY. AC digital dual zone, seting moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.



Menurut Anton keberadaan fitur ini didasari permintaan konsumen Toyota. Kata dia banyak pengalaman konsumen kesulitan mengetahui sisa saldo kartu sebelum memasuki jalan tol yang saat ini sebagian besar menggunakan pembayaran tanpa uang tunai. Penggunaan fitur ini dijelaskan Anton sangat mudah dan tidak memerlukan kuota internet. Pengemudi hanya tingga menekan lambang fitur tersebut pada headunit berukuran 9 inci, kemudian tempelkan kartu elektronik pada layar. Kemudian sisa saldo kartu pembayaran akan ditampilkan pada layar.

 

 

OPER GIGI. Semua varian bertransmisi CVT.



Segi safety menjadi salah satu concern utama Toyota saat ini, sehingga All New Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru yang siap memberikan rasa tenang pada penumpang. Mulai dari rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.  Komplit !

 


naskah/foto : punk/toyota