SUZUKI THUNDER 250 '02 - PONTIANAK : Chopper Bersasis Rantai Forklift, Digeber via Smartphone Android

SUZUKI THUNDER. Berubah jadi custom chopper.

JS Modified asal Pontianak Kalimantan Barat cukup intensif mengeluarkan motor-motor modif custom andalan mereka. Jika kebanyakan bergenre sport atau klasik modern yang cocok buat harian touring, kali ini dibedahnya sebiji Thunder seperempat liter sebagai basis chopper yang extreme looking.

 



RIDING POSITION

 

POSISI DUDUK DAN SETANG. Disesuaikan postur pengendara.

 


Satu fokus yang digarap JS Modified dari motor keluaran 2002 ini, tampang cruiser yang berbeda dari kebanyakan. Karena diseting yang cocok dengan postur tubuhnya, profil aslinya tidak terlalu besar, jadi pas dengan riding position sang owner.

 

"Bahkan, tempat duduknya mungkin terlihat pendek, karena memang disesuaikan dengan postur saya," tutur Johan Suy, sang owner JS Modified. Karena itulah, sang owner sangat yakin jika motor ini sangat nyaman dikendarai.

 



RANGKA RANTAI FORKLIFT

 

SASIS CUSTOM. Rantai bekas forklift.


Hanya menyertakan segelondong mesin sijuki ini, JS Modified membuat pakem rangka yang khas banget sebagai chopper, yakni sisi tinggi di bagian depan yang membujur hingga tengah, diakhiri buritan kecil.

 

Yang bikin beda, konstruksi utama rangka ini adalah comotan bekas rantai forklift yang dilas mati, lalu disandingkan engine mouting, homestir dan arm pivot sehingga menghasilkan kekakuan yang maksimal.

 



CANTILEVER & HUB STEERING

 

KONSTRUKSI RODA DEPAN. Terinspirasi Bimota.

 


Apa yang unik dari Thunder ini? Yup, konsep dan konstruksi suspensi depannya. Kali ini, Johan mendesain suspensi depan ala cantilever berikut tata letak kemudi hub steering yang terinpirasi dari Bimota.

 

Namun, semua part baik pipa, hingga connecting hub dibuat sendiri, termasuk bushing tengah dan penopangnya. Tak lupa memperhitungkan rake dan sudut belok setir, didapatnya handling yang enak sekaligus stabil kala dipacu.

 

 



LONG-SWINGARM

 

LENGAN AYUN. Dibuat super panjang.

 


Rear end, juga terbilang extreme dan berbeda. Meskipun tail-section terlihat kecil, dengan bentuk jok dan buritan serba mini, konstruksi suspensi belakang dibuat dengan swingarm panjang, namun tetap ditopang oleh shock sehingga peredaman jalanan juga lebih enak. "Sementara, kita masih pasang rantai yang agak panjang, next akan disempurnakan dengan transfer gear," tambahnya.

 



DETAIL & FINISHING

 

DETAIL DAN FINISH. Dibuat seunik mungkin dengan artistik.

 


Finishing, Johan memaksimalkan penampilan dengan guyuran warna merah maroon, dari oplosan cat Duppont berikut clearnya.

 

Sementara, detailing dan pernak-pernik juga dipastikan unik dan fungsional, baik lampu-lampu custom, sign, setang, gas spontan hingga knalpot customnya. Tentu saja, sebagian besar part lebih dulu dicelup krom, terutama stang, bak mesin dan magnet, lalu pijakan kaki custom, paha rem hingga swingarm.

 



ANDROID SMART SYSTEM

 

BOK KELISTRIKAN. Ditempatkan dalam wadah khusus yang rapi.

 


Satu yang unik sekaligus menjadi icon dari Thunder custom geberan Johan Suy ini, aplikasi perintah menghidupkan dan mematikan engine lewat aplikasi smart phone android. Jadi, mesin bisa dinyalakan atau dimatikan, cukup dengan mengklik aplikasi yang sudah terinstall ataupun dengan perintah suara ( voice command ).

 

 


SPEK MODIF
SUSPENSI DEPAN : Custom cantilever, CAKRAM DEPAN - BELAKANG : Custom, MASTER KALIPER : Custom + hidrolik, TROMOL : Custom, SWINGARM : Long-arm, PELEK DEPAN - BELAKANG : Sprint 350-500 ring 17, BAN DEPAN - BELAKANG :
Gold Speed 120-70 dan Battlax 180-55, RANGKA : Custom, ENGINE : Korek harian Thunder 250, PISTON / KRUK : Eks Suzuki Carry, KARBU : Kawahara 28mm, KOPLING : TDR, TANGKI - KNALPOT : Custom, LAMPU-LAMPU : Custom, FILITER : Moto-One, TACHO : Voltmeter, GAS SPONTAN : Custom, EPOXY - CAT ./ CLEAR : Duppont, BUILDER / MODIFIKATOR : Johan Suy - JS Modified - Jl. Sungai Raya Dalam Pontianak CP : 0813-4502-6690.



 

 

 

naskah/foto : punk