YAMAHA SCORPIO '06 - TARAKAN : Tarian Kalajengking dari Kalut

SCORPIO. Custom bike from Tarakan city.

Punya tunggangan segarang Scorpio, Haliq asal Tarakan, Kalimantan Utara ( Kalut ) bisa memanfaatkannya sebagai bahan baku modif custom bergenre chopper bobber.

 

Memang, pakem customnya tidak neko-neko, paling tidak bisa menyalurkan hasrat modif customnya yang terbilang liar. Apalagi, trend custom seperti ini tidak banyak yang menggarapnya di seputaran kota Tarakan.

 

 

RANGKA. Rigid.



Trik perdana yang dilakukan biker yang tinggal di bilangan Pangeran Antasari Tarakan ini, mengadopsi rangka custom rigid untuk menggendong sebongkah mesin kalajengking 225cc.

 

Desain dan profil rangkanya diseting tidak menggunakan profil pipa yang terlalu besar, namun terbilang cukup kokoh untuk mengangkangi mesin, sekaligus sebagai penopang kaki-kaki gambot.

 

ENGINE. Disembur warna hitam, namun ditutup monel.



Untuk gelindingan roda, beberapa stock part memang masih dipertahankan, termasuk tromol, cakram kaliper dan sok depan. Namun, bagian ini diberi penutup alias kondom sehingga terlihat lebih gagah. Sementara, karena sisi belakang adalah rigid, peredaman dimaksimalkan dari jok yang diberi per.

 

"Untuk tangki custom peanut, kita pasang di tengah rangka. Bentuknya sih nggak terlalu kecil atau kebesaran, tapi rasanya pas," tutur pemakai monel di sektor mesin tersebut.

 

SOK DAN CAKRAM DEPAN. Masih bawaan kalajengking.



Oh ya, profil rodanya sendiri menggandengkan produk pelek almu Rossi ring 18 dan 17, yang dibekap dengan karet bundar buatan Swallow.

 

Sedangkan, beberapa part custom yang terpasang antara lain setang, knalpot dan box kelistrikan. Pastinya, Scorpy satu ini pas kala dinaiki oleh Haliq yang berpostur tubuh rata-rata, yang mana setang bisa digapai dengan sempurna, pas dan enak.

 

TANGKI. Brush dengan efek.



Perawakan luar,  Haliq mengkomando Jie Brush untuk melabur seluruh part dengan dominasi warna hitam, dari rangka, tangki, kalter, sok depan hingga peleknya, namun ada beberapa bagian yang disembur airbrush, yakni di tangki atas.

 

Tema yang diambilnya adalah culture skull, berikut tambahan efek cat ghost flame. Guyuran cat keren ini didapat dari campuran kelir hitam dan candy red, dari oplosan cat glossy berfinishing Blinken MS3600.

 

KNALPOT. Custom khas chopper.

 



SPEK MODIF
SOK DEPAN : Standar dikondom, CAKRAM DPN - KALIPER : Stock, SWINGARM : Custom rigid, SOK BELAKANG : Variasi, PELEK DEPAN - BELAKANG : Rossi 125-225, BAN DEPAN - BELAKANG : Swallow 275-18 / 400-17, TANGKI : Custom model peanut, KNALPOT : Custom trompet, LAMPU-LAMPU : Variasi, GAS SPONTAN : Daytona, ASESO : full monel, EPOXY - CAT & CLEAR : Brasso/Blinken, BRUSHER : Jie Brush - BIAYA MODIF : Rp 5 jutaan, MODIFIKATOR : By owner.


naskah/foto : punk