WS Udex Oto - Gresik : Builder Spesialis Custom Minibike, Bikin Influencer Kepincut

Nama Wuddy Sumanja yang akrab disapa Udek tentu nggak asing bagi publik balap road race tanah air di era 2000-an. Mengawangi oprek mesin kuda pacu di tim balap Jawa Timur, kiprahnya begitu eksis kala itu.

 

Namun siapa sangka, sekarang Udek justru beralih ke hobi custom dan modifikasi motor yang juga menjadi mata pencahariannya. Bahkan, dia pun mengibarkan panji bengkel top bernama WS Udex Oto, yang buka gerai di bilangan Hulaan, Menganti, Gresik.

 

2024 01 ws udex oto gresik 1

 

"Sudah sejak 2013 mulai tekun ke modifikasi motor, dan kebanyakan custom, retro klasik, tetapi kebanyakan kita bikin custom motor ini ke gaya minibike," ucap Udek.

 

Pilihan fokus ke minibike ini bukan tanpa alasan. Didukung dengan keahliannya membikin rangka motor, dari rangka drag, lalu motor trail, frame custom minibike yang ditekuninya justru mendapatkan apresiasi dengan banyaknya order pengerjaan motor minibike-nya.

 

"Dulu awalnya bikin konsep minibike pakai mesin pemotong rumput, jadi masih terbilang belum sempurna. Sekarang, kita sudah punya konsep yang matang, sehingga kita bikin frame custom yang sangat kokoh dan pas untuk mesin motor," tambahnya.

 

2024 01 ws udex oto gresik 2

 

Agar lebih maksimal dan memuaskan dari sisi hasil pengerjaan bagi konsumennya, Udek pun memastikan bahan dan alat kerja yang bukan kaleng-kaleng. Untuk bahan frame misalnya, dipilih besi minimal 2,5mm yang "ditancapkan" ke alat press body custom. Dengan demikian, frame ini sangat presisi dan kuat untuk menggendong mesin dan dinaiki juga pas dan nyaman.

 

Untuk pengerjaannya sendiri relatif dengan waktu sekitar 1,5 bulanan, dan konsumen bisa juga memesan frame saja atau dengan paket komplit termasuk engine. Ongkos pengerjaannya pun variatif, dengan range Rp 15-50 jutaan tergantung spek dan request.

 

2024 01 ws udex oto gresik 5

 

"Selama ini, sekitar 70 persen konsumen saya memilih sekalian bikin satu paket rangka dan mesinnya, sedangkan sisanya hanya pesen frame saja," ujar Udek.

 

Sedangkan untuk part lainnya juga menyesuaikan budget atau permintaan konsumen. Seperti sok depan misalnya, kreator minibike ini merujuk part after market berikut pelek. Namun, bisa juga memakai part orsi yang dicustom. "Kadang ada yang mengadopsi sok Honda Scoopy tapi kita custom ulang," timpalnya lagi.

 

2024 01 ws udex oto gresik 6

 

Istimewanya, garapan WS Udex Oto pun juga bikin kepincut banyak penggila modifikasi dari berbagai daerah. Bahkan, artis sekaligus influencer seperti Andre Taulany pun pernah memesan sebiji minibike dengan konsep Monkey Boobers Japan.

 

WS Udex Oto
Jl. Raya Hulaan 79 Menganti Selatan
0895 1661 9900
081 335 158055

 

 

Teks/foto : Chand

 


REDAKSI   |   KODE ETIK   |   DISCLAIMER