Aneka Substitusi dan Pilihan Swingarm Modifikasi CB

MODIF CBMANIA. Wajib ganti part kaki-kaki.

Perangkat ini, menjadi fital dalam konstruksi suspensi belakang motor. Fungsinya, mengayunkan roda yang kemudian diredam oleh shock absorber, plus menjaga keseimbangan kala dipakai berkendara. Nah, buat pemuja kenyamanan, penggantian ini jadi menu wajib, apalagi bagi kaum CB mania yang doyan melaju berkat oprek mesinnya.



Lalu, jenis swingarm apa saja yang kebanyakan dipakai oleh para penggila modifikasi CB? Rupanya, ada beberapa swingarm yang terbilang legend di sini.

 


SWINGARM ORSI/STANDART CB

 

ARM ORSI. Buat yang demen klasik orsi.


Kalo ini jangan ditanya, pasti dipanteng buat yang suka modif CB orisinilan. Barang orsi pabrik, tentu sudah terjamin kualitasnya. Biasanya, arm standar berbentuk bulat dengan ujung pipih/gepeng ini tentu dipadukan bareng sok orsi pula.

 

Namun tak jarang sudah diganti dengan varian lain, terutama eks Tiger Revo. Ada juga dengan sok aftermarket lain seperti Kitaco, KTC atau Ohlins yang tentunya lebih mahal.

 


SWINGARM ORSI GL/MEGAPRO

 

ARM GL/MP. Batang lebih kotak.



Dibandingkan arm orsi CB yang berprofil bulat, arm orsi GL series ataupun Megapro bisa jadi alternatif. Bentuk batang armnya sudah kotak, jika dipasang bisa dapat kesan gagah, dan tentu lebih keren jika dicat gelap atau krom kinclong sekalian. Namun, substitusi arm GL/MP ini kebanyakan sementara, jika sudah ada comotan Kaze atau memilih arm variasian yang punya batang lebih besar.

 



SWINGARM ALMU RACING

 

ARM ALMU ALLOY. Dipakai penggemar CB Racing.



Biasa dipakai oleh penggemar modif CB yang gila balap. Apalagi, sekarang muncul cukup banyak arm variasi arm yang menawarkan desain, harga dan kualitasnya bagus. Ini bisa jadi option part yang menarik. Jika sebelumnya, swingarm comotan Ninja 150 series yang dipakai, karena arm buatan Kawasaki ini sudah dilengkapi underlink, kini trend arm CB racing beralih ke spek almu alloy.


Di pasaran, beberapa merek swingarm yang laris manis dipasang untuk modif CB antara lain V-Rossi, Kawahara hingga Aitech dan QTT. Namun di ranah CB street racing, swing arm almu B-Pro juga punya kasta tersendiri.

 


SWINGARM ORSI KAWASAKI KAZE

 

ARM KAZE. Legend karena pnp.



Bukan kebetulan jika swingarm ini menjadi trending di dunia per-CB-an, mengingat dimensi arm  Kaze memang lebih lebar dan panjang dibandingkan arm bebek lain, sekitar 4-5 cm lebih panjang. Jadi, kalo pasangi dengan roda/ban modif CB yang ekstra besar, langsung plek tanpa harus oprek sumbu. Pemasangannya juga plug and play, dan hanya mengakali bushing, as dan penjepit armnya.



Arm Kaze seolah menjadi part legend, salah satunya karena kuat dan barangnya gak langka. Nggak heran, diminati hingga sekarang. Namun, jangan sampe salah pilih ya, karena beredar juga swingarm Kaze yang dibilang repro alias kw. Ada juga imitasi dengan merek tertentu.

 


SWINGARM CUSTOM

 

ARM CUSTOM. Sesuai keinginan dan tema modif ownernya.



Namanya custom, dibuat tidak seperti umumnya. Arm custom kebanyakan dipasang oleh penyuka CB kontes, dengan bentuk dan variasian yang sangat beragam. Otre pun mencatat, arm custom ini ada yang berbentuk pipa bulat, melengkung hingga kotak dengan konstruksi kekar. Namun, trending sekarang sudah dipadupadankan dengan grafir, terutama untuk kategori CB fashion.

 


naskah/foto : @jepunk_ototrend