REFILL PART MODE : Perawatan Trail Yang Lebih Praktis & Efisien



Jika dicermati lebih jeli, sebenarnya perawatan kuda besi jenis trail lebih efisien. Sebab, dominan dijumpai komponen yang sifatnya refill dan tak perlu melangsungkan penggantian komponen secara menyeluruh.
Jadi, cukup melangsungkan penggantian komponen yang terkait dengan fungsinya saja, ketika mengalami problem, seperti saat tersumbat, kotor, aus sampai peyang efek tergencet. Bagian mana saja sih ? ikuti saja penuturan Teguh dari RPM di Jl. Kalibutuh 131, Surabaya.   

 

 



NAPLE TUTUP TANGKI 1 ATMOSFIR


Selang tutup tangki, biasa dilengkapi dengan naple pada bagian ujungnya. Nah, pada bagian naple ini juga terdapat lubang sebagai ventilasi untuk kebutuhan 1 atmosfir, agar bahan bakar dari tangki bisa turun ke karbu. Nah, seringnya kontak dengan lumpur saat beradventure,  ventilasi pada naple tadi berpotensi buntu. Kalau sudah begitu, bahan bakar dari tangki jadi susah turun ke karbu saat tekanan 1 atmosfir berkurang.  Untuk mengatasi problem ini, dapat dicegah dengan cara membersihkan kotoran pada ventilasi naple tadi. Atau bisa melangsungkan penggantian, sekaligus sebagai spare saat beradventure.

 

 



KLEM KNALPOT


Sampai ada yang melapisnya dengan asbes atau thermoshiel, untuk mereduksi vibra antara silincer dengan klem. Tapi, untuk mendapatkannya juga susah. Alternatif paling mudah cukup mengganti klem yang dilengkapi karet high temp, sebagai peredam vibranya. Cara ini biasa berlangsung saat karet peredam vibra tadi mulai terbakar dan menyebabkan vibrasi. Pada knalpot yang lehernya terusan dan bukan sistem sok-sokan, juga bisa berpotensi menyebabkan leher knalpot putus.

 



PEDAL REM FLEKSIBEL


Bagian paling sering tergencet dan membuatnya peyang. Bosan juga untuk mengembalikannya lurus. Lebih tepat saat digantikan dengan pedal rem dan pedal persneling yang ujungnya fleksibel. Sehingga saat tergencet akan ngikut, terkait keberadaan pin fleksibel. Praktis, akan terhindar dari problem pedal rem dan persneling bengkok.

 

 



TENSIONER & GUIDER RANTAI


Bagian yang kontak dengan rantai mengusung bahan jenis teflon, untuk mempertahankan rantai tak sampai aus saat roller tensioner rantai atau guider rantai bekerja. Cuman, seiring aktifnya pemakaian roller dan guider tadi, perlu dilangsungkan penggantian secara periodik efek problem aus.
Proses maintenancenya tak perlu mengganti seperangkat tensioner atau guider satu set. Sebab, bisa diganti pada bagian roller atau teflon guidernya saja. Bongkar pasangnya juga mudah.

 

 



BUSHING UNITRACK - MONOCROSS


Penunjang mekanis monosok, untuk mengolah torsi yang diterima monosok agar lebih besar. Dengan begitu travel monosok jadi makin panjang dan nyaman. Cuman, di setiap pin atau poros unitrack  atau monocross dilengkapi colar dan bushing yang biasa mengalami problem aus efek kurang tertibnya proses penggantian vet atau grease.  Solusinya, cukup lakukan penggantian colar atau bushing custom. Dijelaskan demikian lantaran unitrack atau monocross yang diaplikasi biasanya aftermarket dan sulit saat melakukan kanibalan bushing atau colarnya. Proses customnya langsung aja merapat ke bengkel bubut.




naskah/foto : pid