CARA JELI & CERMAT MAINTENANCE RANTAI

Menjadi piranti vital pada kuda besi yang mengusung kopling sentrifugal dan kopling manual, seperti yang diaplikasi pada bebek, bebek jantan dan sport. Perhatian spesial turut diberikan pabrikan, dengan membedakan jenis rantai berbanding kapasitas mesin. Sekaligus sebagai bentuk melengkapi kebutuhan konsumen saat keperluan riding.


Mengingat, makin besarnya distribusi power mesin, makin besar pula hentakan yang diterima rantai. Dalam hal ini limit tegangan tarik harus dimiliki setiap profil dan jenis rantai. Dan makin variatif dan atraktifnya segmentasi kuda besi di tanah air, makin beragam pula profil dan jenis rantai. Konteks demikian ini yang kemudian menjadikan proses maintenance jadi lebih spesifik. Mengingat, panjang dan profil rantai juga berbeda. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan ?



INDIKASI RANTAI TIDAK LAYAK PAKAI
Ciri khasnya roller mulai aus, hingga muncul bekas sambungan roller. Makin kecilnya diameter roller, rantai jadi tak bisa menapak sempurna pada gir belakang yang digerakkan. Kondisi statis, biasanya roller rantai bisa maju mundur hingga 4 mm. Rantai kondisi demikian ini, mintanya toleransi rantai wajib tegang, agar lebih dapat pada posisi standby tarikan rantai terhadap gir belakangnya. Misalkan dibiarkan kendor, kemungkinan timbul suara berisik.

RANTAI KAKU
Biasa terjadi pada rantai dengan profil 520, ketika telat memberikan pelumasan. Permasalahan muncul dari pin sebagai penyatu plat sekaligus dudukan roller, mulai banyak ditumpuki kerak, bekas oli dan serbuk besi bekas gesekan gir dan rantai. Efeknya, sering kali memicu terjadinya berisik pada rantai. Kondisi rantai demikian sering kali memicu ausnya mata gir depan dan belakang tak rata.

Problem rantai kaku, bukan berarti rantai aus dan waktunya ganti. Tapi, permasalahan maintenance saja yang kurang rutin. Terlebih pada profil rantai 520, yang memiliki tingkat gesekan lebih besar. Mengatasinya cukup rendam dalam bak yang berisi bahan bakar jenis solar. Biarkan kotoran dan kerak larut, kemudian pukul-pukulkan rantai ke lantai. Setelah diinstal pada gir depan belakangnya, lanjut tambahkan pelumas sisa dari pemakaian oli mesin.

HINDARI BAHAN BAKAR SAAT BERSIHKAN RANTAI 428V
Arti belakang 428 yakni huruf V, memiliki maksud kalau rantai dilengkapi o-ring sebagai penahan vet bawaan rantai. Cuman, perawatan rantai jenis ini cenderung spesial dan tak bisa menggunakan bahan bakar saat membersihkan bekas pelumas lama. Sebab, memicu terjadinya o-ring jadi mengembang, hingga menyebabkan berubahnya profil oring.

Jadi, trik membersihkannya cukup memanfaatkan air, sunlight dan sikat gigi bekas. Lebih mudah ketika proses membersihkannya dengan sistem rendam, sembari menyikatnya bagian yang banyak pelumas bekasnya.



SALAH KODE RANTAI
Kode dan profil rantai memang variatif, mulai EK 520, M428H, EK520LV, 520VP, 520SR, EK520RM, RK420SB, 428 V1X2, 520 VF, 428HDS, 428HDS, 428VIX, RK428 KLO, RK420 SL, RK428 KLO, RK 428KLO dan masih banyak lagi. Cuman, dari sekian banyak jenis rantai tadi, profil 428H dan 428 sering memicu problem. Sebab, kedua profil rantai ini selisihnya tipis, sehingga konsumen sering kali menyepelehkan kode dibelakang ukuran rantai.

Kendati memiliki profil sama, tapi tak bisa saling subtitusi. Pasalnya, ketika rantai profil 428 dipasang pada motor dengan gir depan belakang 428H, dipastikan gesekan yang dihasilkan lebih tinggi. Sebab, terbilang antara profil rantai dan girnya terlalu presisi. Sebaliknya, ketika rantai 428H dipasang pada motor dengan gir depan belakang 428, speling kanan kiri yang dihasilkan rantai jadi berlebihan. Kemungkinan akan menyebabkan profil mata gir mudah berubah jadi bentuk cyclone.

ANTISIPASI SULITNYA SAMBUNGAN RANTAI
Ternyata sambungan rantai 428 dan 428HV, berbeda. Pernah kejadian, seorang bikers pengguna sambungan rantai 428H, yang kebetulan rantainya putus. Saat jalan puluhan kilo meter, bengkel pun dijumpai. Setelah membeli apa yang dimaksud, langsung dipasanglah sambungan rantai tadi.

Saat susunan plat terpasang, nat sebagai dudukan plat pengunci tak dapat nyangkut pada nat yang ada di pin sambungan. Itu artinya, sambungan 428 tak bisa dipakai buat rantai 428H. Pada kondisi darurat itu, plat pengunci tak jadi terpasang dan digantikan diamankan oleh lilitan serabut tembaga bekas gulungan dinamo. Apaalgi saat itu kondisi malam hari. Dari perbedaan dimensi profil sambungan rantai, maka penting setiap riding di daerah pelosok idealnya selalu membawa spare sambungan rantai, sesuai dengan rantai yang dipakai.

 

RANTAI EK520 SRO
Biasa diaplikasi Ninja 250 Fi, pada rantainya dilengkapi sambungan. Cuman sistem sambungannya beda, seperti sambungan pada umumnya. Pasalnya, proses menyambungnya ada spesial tools (SST) buat pemasangannya. Model SST-nya macam tracker penjepit. Prosesnya, plat dan pin digabungkan lebih dulu dengan tracker. Setelah menapak rata pada pin, ujung pin tadi ditekan hingga diameternya berubah besar, seperti sistem keling ripet.


Artikel Terkait !

  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK