Yuk Jeli Memanfaatkan Sand blasting

Proses modifikasi pada ubahan profil warna kini semakin atraktif, tak hanya permainan cat, cuting, krom atau lapis carbon kevlar pun kian booming.

 

 


Terbaru adalah aplikasi sand blasting, yakni sebuah proses menghilangkan atau mengelupas cat dengan sistem hidrolis tekanan tinggi dengan bantuan jenis pasir khusus. Sampai, bahan material unsur logam pada komponen tadi terlihat. "Kesannya memang bersih, sepintas juga terkesan baru keluar mesin cor atau die casting, "buka Londo dari Kaisar Motor di Perum Tamasa 8/2, Tambak Sawah, Waru, Sidoarjo.  

 

 

 

 


Ketika ditinjau dari fungsinya, aplikasinya makin beragam, terkait dengan keperluan segmen modifikasi. Bisa dipakai untuk menghilangkan warna cat calter, tromol, fork slider, lengan ayun, master, caliper sampai komponen yang terbuat dari material unsur logam. Spesial penerapan pada calter, fungsinya cukup menunjang sistem pendinginan.  "Sebab, ketika calter tanpa cat, proses melepas panas jadi lebih baik," tutur lajang yang jago mengorek mesin sport 4 tak aliran herex itu.

 

 

 


Fungsi lain, juga bisa untuk mengembalikan warna baru logam komponen mesin. Seperti  membersihkan kerak pada pori silinder cop, blok silinder hingga crankcase. "Selain itu, juga bisa membersihkan kerak pada lubang buang tanpa mengubah bentuk dan malah kembali seperti baru dan ada porinya," urai Londo.

 


Cuman, sampai sejauh ini, tampilan sand blasting lebih matching saat diaplikasi buat street racing, road race style, drag bike style sampai retro. Prinsipnya tema modifikasi yang berusaha menonjolkan performa mesin, lebih pas mengaplikasi sand blasting.  " Misal, kalau lebih jeli lagi, efek sand blasting juga bisa dimanfaatkan sebagai dasaran sebelum proses pengecatan," tunjuknya.   

 

 

naskah/foto : pid