BOHLAM HANGUS? CEK KIPROK

JENGKEL memang bila kendaraan mengalami problem dibagian kelistrikan. Menyusahkan terlebih lampu kerap kali hangus hingga putus. Tentu part yang berpengaruh yakni Kiprok, sebab fungsinya menahan aliran listrik dan menyimpannya pada aki.


"Biasanya kinerja kiprok terganggu ketika daya aki sudah mulai menurun," papar Eko, pebengkel di kawasan desa Ugal-Agil, Sidoarjo. Cara mengkontrol kiprok tergolong mudah. Sebab pasti terasa hangat ketika teraliri arus listrik dari spul.




Cuma hal tersebut bukan berarti menandakan kiprok normal. Sebab aliran listrik belum tentu ditahan atau justru malah tidak sama sekali. Cara paling sederhana tanpa menggunakan alat, yakni dengan cara mencopot sekring.

Dilanjut dengan menyalakan mesin dengan kick starter. Lihat pada indikator netral yang terdapat pada speedometer tampak redup terang redup dan begitu seterusnya mengikuti stasioner atau putaran mesin.

"Lebih lanjut, geber handgrip dan lihat indikator Netral, kalau kiprok memang yang problem, maka indikator Netral menjadi semakin terang ketika RPM makin tinggi.

"Kalau kiprok normal, justru cahaya yang dipancarkan stabil atau justru lebih redup dikarenakan masih tertahan oleh kiprok," tegas Eko. "Dengan demikian bisa langsung dipraktekan di rumah," tambahnya. l nda


  • TERBARU
  • TERPOPULER
  • TERBANYAK