Honda Tiger Surabaya : Bore up Piston CBR, Upgrade Katup Camry Bukukan 29 Detik

Honda Tiger Surabaya

Honda Tiger Surabaya

SEPINTAS penampilannya tak jauh beda dengan motor sport daily use. Tapi, coba dengerin gelegar suaranya, identik dan khas mesin bore up. "Serum korekan terbarunya, rocker arm konvensional digantikan model roller," buka Hotma Ambarita pemiliknya yang juga penyuka karapan 1200 meter itu.



Proses up grade mesinnya mendaulat Fauzi Konyenk tuner MMS, yang punya workshop di kawasan Kutisari Selatan itu. Seputaran silinder cop, turut dipangkas 0,8 mm, diteruskan pemakaian piston Kawahara 68 mm.

Sipnya, pemakaian katup diupgrade dari Camry, berdiameter 35 mm (in) dan 30 mm (ex). Itu saja Konyenk masih belum puas, hingga basis camshaftnya diaplikasi dari Estilo, dengan profil pinggang 21 mm dan tinggi 30,5 mm.

Sedang doping tenaganya, masih setia dengan karbu Tiger. Cuman, venturinya diremer 30 mm. Diseting dengan main jet 145 dan pilot jet 40. Dan dilepas knalpot knalpot free flow dengan diameter leher 22 mm – 30 mm dan dan sarangan 38 mm.

Sebagai finishingnya, CDI dicangkok dari Kaze dan dipadu koil racing. Buat trek 1200 meter, Konyenk mesti puas dengan torehan best time 29 detik. | Chand