Race 'Idemitsu Asia Talent Cup 2021' Mandalika Dimulai Hari Ini, Indonesia Turunkan Enam Pembalap

PEMBALAP MUDA ASIA BERTARUNG DI IATC MANDALIKA. Ada enam joki muda Indonesia yang tampil di seri ini.

Sirkuit gress Pertamina Mandalika International Street Circuit yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo kemarin, langsung dicicipi para joki-joki muda dunia yang bertarung di kejuaraan Idemitsu Asia Talent Cup 2021, 13-14 November ini. Tercatat ada empat pembalap permanen dari Indonesia yang berlaga di ajang ini, plus tambahan dua pembalap wildcard.




Empat pembalap reguler yang berlaga di IATC 2021 ini, yakni Fadillah Arbi Aditama (#3), Azryan Dheyo Wahyumaniadi (#19), Herjun Atna Firdaus (#10) dan Herlian Dandi (#11) yang mana keempatnya merupakan pembalap binaan Astra Honda Motor, yang bernaung di Astra Honda Racing Team. Selain keempat pembalap tersebut, ada dua pembalap wildcard yang turun, yaitu Veda Ega Pratama yang baru berusia 12 tahun, serta Reykat Yusuf Fadillah (13 tahun).




Dari hasil kualifikasi yang sudah selesai digelar sabtu kemarin, pembalap-pembalap merah putih bakal start di posisi terbaiknya, yang mana Fadillah Arbi menjadi rider INA tercepat. Sedikit kejutan. wildcarder Reykat Yusuf berhasil menyudahi kualifikasi di posisi sembilan, tepat di depan Herjun Atna. Sementara, tiga pembalap lain akan berada di baris ke-empat, yakni Azryan Dheyo di posisi 12, Herlian Dandi di posisi 14 dan Veda Ega di posisi 15.



"Saat sesi latihan bebas, saya masih berusaha beradaptasi dengan lintasan, saya sudah mempelajari beberapa tikungan yang mungkin perlu dicari titik maksimalnya, termasuk mencoba titik pengereman yang pas agar keluar tikungan bisa cepat," ucap Fadillah Arbi, yang mengaku hasil kualifikasinya masih belum terlalu bagus.



Tidak hanya perlu adaptasi dengan sirkuit baru, sesi kualifikasi juga berlangsung ketat, yang mana dia sempat terjebak rombongan pembalap yang cukup banyak sehingga sedikit kesulitan mencari catatan waktu paling ideal.  "Sesaat saya mencoba beranjak dan melakukan upaya mengejar barisan depan, saya dapat meraih catatan terbaik saya. Memang belum bisa di front row. Tapi cukup untuk modal saya bertarung berebut podium di race nanti," tutur Fadillah.



Sementara, Reykat Yusuf yang terbilang memulai debut justru bisa lebih eksposif saat kualifikasi dengan catatan waktu terbaik ke-9. Baginya, ini adalah hasil belajar dari pembalap lain yang sudah berpengalaman di sesi latihan ataupun race sehingga bisa memahami karakter motor dan lintasan.



"Usaha saya cukup tepat karena catatan waktu saya langsung melonjak di awal QP. Tapi saya kelepasan kendali saat baru lap dua dan mengalami low side. Selepas itu, saya mencoba kembali melakukan upaya agar bisa meraih catatan waktu lebih bagus lagi dan hasil akhirnya saya start dari posisi sembilan saat race nanti," optimis Reykat.



Seri Idemitsu Asia Talent Cup 2021 Mandalika sendiri akan berlangsung sebanyak dua kali atau dua race. Race pertama akan berlangsung mulai pukul 13.00 WITA, sedangkan race kedua berlangsung pukul 17.00 WITA.  Fans para pembalap merah putih yang tidak bisa langsung ke sirkuit Mandalika bisa menonton para joki muda ini di channel youtube IATC.




editor : punk, foto ; iatc