Porsche Mobil 1 Supercup 2021 Pakai Biofuel, Tahun depan Beralih e-Fuel Esso.

PORSCHE MOBIL 1 SUPERCUB. Suporting-race Grand Prix F1, yang kini sudah pakai bahan bakar yang diperbaharui.

Kejuaraan balap Porsche Mobil 1 Supercup baru saja dimulai weekend lalu, yang mana ajang ini merupakan suporting-race untuk Grand Prix F1 Monaco. Nah, mobil yang dipakai untuk bertarung adalah Porsche 911 GT3 Cup dari generasi 992 terbaru.



Yang menarik, kejuaraan balap yang memasuki musim ke-29 ini menggunakan bahan bakar Esso Renewable Racing Fuel, campuran bahan bakar yang sebagian besar terbuat dari komponen berbasis bio yang dapat diperbarui. Kemudian, mesin 4.0 L berdaya 375 kW (510 hp) ditingkatkan dengan  sokongan bahan bakar yang disebut eFuel dari ExxonMobil.



"Kami memulai musim balap Porsche Mobil 1 Supercup 2021 di Monaco untuk pertama kalinya. Dan yang spesial, balapan ini didukung bahan bakar Esso yang bisa diperbaharui dari ExxonMobil," ucap Oliver Schwab, Project Manager Porsche Mobil 1 Super-cup.



Kolaborasi Porsche dan ExxonMobil dalam pengembangan bahan bakar balapan ini dilakukan dua tahapan. Musim ini, semua mobil peserta dijejali dengan campuran bahan bakar berbasis bio. Biofuel canggih ini diperoleh dari produk sisa makanan.



Kemudian di musim berikutnya atau tahun 2022, baru full dipanteng dengan eFuel yang diproduksi secara sintetis di fasilitas pilot Haru Oni di Chili.  Bakar bakar Renewable Esso ini diharapkan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca hingga 85 persen, jika digabungkan dengan standar bahan bakar pasar saat ini untuk kendaraan penumpang pada masa sekarang.



Porsche Mobil 1 Supercup sendiri sebelumnya dikenal dengan Porsche Michelin Supercup sebelum tahun 2007. Kejuaraan ini merupakan one-make racing premier series yang diorganizir oleh Porsche Motorsport sebagai suporting-race Grand Prix Formula1. Meskipun kebanyakan digelar di Eropa, namun kejuaraan ini juga diadakan di sirkuit lain, termasuk Bahraian, Uni Emirat Arab, Amrik dan Meksiko.




editor : punk, foto : porsche