Siap Turun Di Balap Supersport Aragon Pekan Ini, Galang Hendra Targetkan Finish 10 Besar di WSS 2021

GALANG HENDRA PRATAMA. Weekend ini akan memulai balapan di World Supersport Championship 2021, kembali pakai nomor #55.

Musim balap World Supersport Championship 2021 terasa spesial, dengan masih turunnya joki yang mengibarkan panji merah putih. Kali ini, pembalap asal Yogyakarta, Galang Hendra Pratama akan tetap berlaga di kejuaraan motor 600cc tersebut, bareng tim Ten Kate Yamaha Racing.



Menyambut kejuaraan tahun ini, termasuk seri pertama yang bakal dihelat di Motorland Aragon weekend ini, Galang mengaku sangat siap untuk tampil. Menyoal target, joki kelahiran 10 Maret 1999 ini sangat realistis, yakni berusaha tampil sebaik mungkin dengan menyelesaikan setiap race, dan mematok posisi 10 besar hingga seri terakhir di Mandalika.



"Di musim lalu, saya belajar banyak cara mengendarai motor YZF-R6, dan untuk musim ini saya akan berusaha untuk menekan dan berjuang untuk mencapai 10 besar, dan berusaha mencapai hasil yang maksimal di tiap race. Dan saya juga senang tahun ini saya akan kembali mengenakan nomor start 55," optimis Galang Hendra, yang ditandemkan joki berpengalaman Dominique Aegerter dari Swiss di squad milik Ronald Tenkate tersebut.

 

 

SQUAD TEN KATE RACING. Galang Hendra bersama Dominique Aegerter asal Swiss.



Saat masih membela pasukan Yamaha bLU cRU WorldSSP by MS Racing, Galang tampil sebanyak 15 race dan berhasil merebut total 12 poin untuk mengunci musim di posisi 24 klasemen. Dari 12 poin tersebut, diraih lewat satu poin perdana di seri Alvarage Portimao Portugal, lalu dua kali finish posisi 12 di Aragon dan sekali finish posisi 13 di seri Magny Cours Perancis.



Meski begitu, ada catatan khusus dari penampilan pembalap dengan nomor fairing 55 ini, yakni seringnya gagal finish. Dari 15 race, Galang tercatat lima kali tidak menyelesaikan balapan, yakni di Jerez, dua kali di Catalunya, Magny Cours dan Estoril.



Untuk kejuaraan Supersport sendiri, hanya akan digeber sebanyak 12 seri, termasuk di sirkuit Mandalika jika sirkuit tersebut selesai dan lolos homologasi. Sementara, persiapan pra-musim sudah kelar dilakukan Galang bersama TenKate Racing, paling tidak sudah beruji coba di beberapa sirkuit Eropa, termasuk di Almeria, Catalunya dan Aragon. Tetapi #55 masih perlu banyak adaptasi agar bisa lebih cepat menggeber R6.



"Saat test, performa Galang naik turun. Karena itulah, tujuan test kali memperkuat gaya balapnya, dan ini butuh waktu dan bertahap. Semoga, di race pertama nanti, Galang bisa cepat dan menemukan ritme bagus untuk meraih hasil yang maksimal," ucap Kervin Boss, manajer tim TenKate Yamaha.






naskah/foto : punk/tenkate