Demi Hemat Ongkos Balapan, Riset Empat Komponen Moto2 Ini Dibatasi

PERSAINGAN KETAT MOTO2. Remy Gardner (Red Bull KTM Ajo) hanya unggul tiga poin saja dari Sam Lowes (Elf Marc VDS Racing Team).

Komisi Grand Prix bakal menerapkan aturan teknis yang lebih spesifik di kelas Moto2, dengan tujuan untuk mengurangi ongkos balapan. Mulai musim 2022 nanti, beberapa part penting seperti frame, swingarm, main fairing dan front fender wajib dihomologasi, yang mana spesifikasi part tersebut bisa diajukan mulai tahun ini dan bisa disetujui untuk musim balap 2022 dan seterusnya.



Yang menarik, satu pabrikan Moto2 hanya boleh melakukan sekali upgrade atau modifikasi untuk performance part musim 2022 tersebut, tanpa batasan waktu. Jadi, tiap pabrikan bisa mendaftarkan upgrade ini kapanpun, namun hanya sekali.



Meski begitu, ada batasan tertentu yang diperbolehkan untuk upgrade atau modifikasi performance part. Seperti fairing atau fender depan misalnya, bisa digerinda, dibor atau dipotong asalkan tidak mengubah keseluruhan desain awal dan diperbolehkan oleh direktur teknik Moto2. Sedangkan rangka atau swingarm juga bisa dimodif, misalnya dipotong atau dikurangi asalkan yang mengajukan adalah pabrikan dan disetujui oleh direktu teknik Moto2.

 

 

SIMONE CORSI. Salah satu dari dua rider pemakai MV Agusta di Moto2.



Seperti di MotoGP, pabrikan Moto2 juga mendapatkan hak konsesi, yang mana pabrikan yang belum pernah meraih podium selama dua musim terakhir diperbolehkan mengugrade keempat part tersebut sekali semusim.



Di saat yang sama, komisi Grand Prix juga memperbolehkan dua pabrikan, yakni NTS dan MV Agusta dengan hak konsesi, terutama pemakaian desain fender depan, desain fairing dan frame 2020 untuk dipakai musim 2021. Kebijakan ini dilakukan karena NTS dan MV Agusta selama ini masih menggunakan motor 2019, karena ada larangan riset tahun 2020-2021. Tujuannya, agar kompetisi Moto2 semakin kompetitif, karena pabrikan Moto2 lain sudah memakai spek 2020 dan dipakai tahun 2021.





naskah : @jepunk_ototrend
foto : motogp