SAS6 & CARSTENSZ : Mobil Formula ITS Siap Berlaga di Jepang

Menghadapi ajang balap Student Formula Japan 2018 (SFJ) di Shizuoka 2-11 September mendatang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resmi merilis mobil pacuan untuk turun di kejuaraan tersebut.



Di lomba ini, ITS yang diwakili Tim Sapuangin akan turun di kategori Internal Combustion Vehicle (berbahan bakar bensin) dengan mobil formula terbarunya, Sapuangin Speed 6 (SAS 6). Sedangkan, pada kategori mobil listrik akan diwakili oleh ITS Formula Electric Team dengan mobil formula listrik bernama Carstensz.


Untuk SAS 6, disokong engine Kawasaki ZX600 600 cc dan siap menghadapi sirkuit statis dan dinamik Ogasayama Sports Park, Shizuoka Prefecture mendatang.

 



“Test drive dilakukan setiap dua minggu sekali, lintasan sirkuit juga kami buat seperti di Jepang untuk memudahkan pengemudi,” Rafi Rasyad, General Manager Tim ITS Sapuangin.  Tim Sapuangin sendiri menargetkan dapat membawa pulang penghargaan Jama Chairman Award.

Sementara, Carstensz adalah mobil formula dengan corak oranye, hasil karya mahasiswa dari berbagai departemen di ITS, yang mana basis rangkanya adalah monokok berstandar mobil formula internasional.  Carstenzs dapat menempuh jarak 98 km per jam dengan kapasitas penyimpanan energi 100V dan menggunakan baterai lithium ion prismatic cell.

 


“Antara pipa dan tubuh mobil menyatu, sehingga mobil lebih ringan dan apabila terjadi kerusakan maka risiko mencelakai pengemudi dapat diminimalisir,” papar Alief Wikarta ST MSc PhD, dosen sekaligus Pembina ITS Formula Electric Team.


naskah/foto : punk/istimewa