Raja Sachsenring Sudah Kembali, Marquez Kembali Rebut Tahta MotoGP Jerman

MARC MARQUEZ KEMBALI. Rajai Sachsenring 11 kali, delapan kali beruntun di kelas MotoGP.

581 hari yang lalu, Marc Marquez merebut podium di Valencia. Podium ini terbilang raihan normal bagi joki andalan Repsol Honda Team tersebut. Namun, podium ini rupanya menjadi raihan podium terakhir, setelah kemudian Marquez malah absen cukup lama akibat cidera. Apalagi, kompetisi MotoGP juga kemudian berlanjut abnormal, dengan banyak pembatalan akibat pandemi.



Namun, di weekend race MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring, Marc Marquez sanggup membalikkan situasi. Setelah mengawali awal musim yang berat, plus beberapa kali crash, juara dunia delapan kali ini mengakhiri GP Jerman dengan gaya khasnya, menang menyakinkan tanpa tersentuh pembalap lain.



Meski start dari grid kedua, Marc mulai memimpin balapan di lap kedua setelah mengovertake Aleix Espargaro. Setelah itu, Marc tampil pede dengan set pace yang konstan. Podium kedua, direbut Oliveira yang berusaha  menekannya di akhir-akhir lap namun tidak mampu mendekat sama sekali. Sedangkan Fabio Quantararo dari Monster Energy Yamaha mengisi podium ketiga, sekaligus menambah pundi-pundi poinnya di pucuk klasemen.

 

 

PODIUM. Oliveira rebut posisi kedua, dan Fabio mantapkan klasemen teratas.



Menurutnya, faktor yang menentukan performanya di GP Sachsenring adalah kondisi lintasan yang ideal plus pengalamannya beberapa kali juara di sana. "Sebelum lomba, saya optimis bisa fight di podium meskipun posisi lima besar adalah target yang paling realistis, karena kemungkinan menang juga kecil. Kemudian, saya jadi lebih yakin, jika kondisinya perfect, saya akan coba," ujarnya.



"Setelah melihat sedikit gerimis di lap empat atau lima dan menerpa kaca helm saya, di situlah saya justru merasa waktunya untuk menekan dan tetap fokus untuk mencatat set pace yang sama dari lap-lap sebelumnya. Lalu, gerimis turun lagi dan saya mulai tahu ada Miguel yang rupanya kian mendekat. Ini berat, karena harus tetap menjaga konsentrasi," tambahnya.



Di akhir lap, Marc Marquez unggul hanya 1,6 detik dari Miguel Oliveira, sedangkan Quantararo tertinggal 6,7 detik di belakangnya. Kemenangan ini, membuat rekor juara Marquez di Sachsenring tetap abadi. Di selalu menang di sirkuit ini selama 11 kali, yang mana delapan kali diantaranya di kelas MotoGP secara beruntun, kecuali GP Jerman musim lalu yang batal.

 

 




naskah/foto : punk/motogp