Quantararo Tak Terbendung di Kualifikasi MotoGP Catalunya, Rebut Pole Position Lima Kali Beruntun

FABIO QUANTARARO. Rebut pole di Catalunya, start dari grid paling depan.

Pembalap adalan tim Monster Energy Yamaha MotoGP, Fabio Quantararo sukses mengukir catatan waktu tercepat di sesi kualifikasi Grand Premi Monster Energy de Catalunya, sekaligus merebut pole position untuk ke-5 kalinya secara beruntun.



Catatan waktu Fabio cukup mepet dengan yang diraih oleh Jack Miller, hanya 0,037 detik saja. Namun, joki tim Lenovo Ducati ini terjatuh di saat sesi kualifikasi sehingga tidak mampu menambah lap-time dan terpaksa bertengger di grid kedua. Di grid ketiga, Johann Zarco melengkapi baris depan dengan selisih waktu yang hampir setara.



Sesi kualifikasi MotoGP Catalunya sendiri diawali dengan Q1 yang mana Miller sudah mulai menjadi yang tercepat di awal sesi. Lucunya, Miller malah sempat ikut mendorong motor Marc Marquez kembali ke pitlane. Sesi Q1 berakhir, dengan Miller tercepat, disusul Marquez dan Espargaro.

 

 

PENGHUNI BARIS DEPAN. Quantararo, Miller dan Zarco.



Di kualifikasi kedua atau Q2 yang hanya diikuti 12 pembalap yang lolos Q1, Quantararo tak butuh waktu lama untuk mengemas best lapnya, dengan catatan waktu 1 menit 39,351 detik. Catatan waktu ini coba dilibas oleh pembalap lain, termasuk Franco Morbidelli yang hanya butuh waktu dua lap saja untuk mengunggulinya.



Namun, Quantararo justru kian cepat di lap berikutnya, dengan 1 menit 38,853 detik, dan menjadi yang paling cepat dari pembalap lain, termasuk Binder dan Oliveira, dan Zarco. Miller juga berusaha mempercepat motornya, namun justru terjatuh di tikungan ketiga. Zarco menjadi pembalap terakhir yang bisa berusaha membukukan waktu tercepat sebelum bendera finish dikibarkan, tetapi masih belum cukup untuk melibas best  lap Quantararo.



"Sebenarnya, lap saya kurang sempurna karena saya merasa bisa lebih cepat lagi. Namun, saya tidak bisa memaksanya lagi karena ada kibaran bendera kuning. Yang penting, kombinasi ban medium dan hard rasanya cocok, dan saya bisa berada di baris depan, P1 ! " ucap Quantararo.



Dengan hasil kualifikasi ini, Quantararo pun menempati pole position MotoGP Catalunya, yang mana ini menjadi pole ke-5 secara beruntun musim ini. Pole beruntun ini mengikuti jejak Marquez musim 2014 dan Lorenzo di musim 2010.

 





naskah/foto ; punk/motogp