Fabio Quantararo Juara GP Mugello, Kini Unggul Jauh di Klasemen

JOKI MONSTER ENERGY YAMAHA, FABIO QUANTARARO. Menang di Mugello, kini memimpin klasemen sementara.

Joki andalan Monster Energy Yamaha, Fabio Quantararo memenangi Gran Premio d’Italia Oakley di sirkuiti Mugello Italia, sekaligus menambah jarak poin klasemen dari para rivalnya. Melengkapi podium, Miguel Oliveira dan Joan Mir bisa mengamankan poin maksimal.



Sebelumnya, moment satu menit hening sejenak dilakukan sebelum race, untuk mengenang mendiang Jason Dupasquier, pembalap Moto3 yang meninggal akibat crash di kualifikasi sehari sebelumnya.

 

 

ONE MINUTE SILENCE. Mengenang kepergian Jason Dupasquier.



Selepas start, Quantararo yang start dari pole memang bisa melesat lebih dulu. Namun, joki Ducati Bagnaia rupanya mampu memaksimalkan braking zone lebih dekat di tikungan pertama kemudian leading. Upaya Bagnaia untuk memimpin lomba lebih lama terputus, ketika dia kehilangan grip roda depan di tikungan ke-9 saat lomba belum selesai dua putaran.



Quantararo lalu memimpin rombongan depan, diikuti oleh Johan Zarco dan Oliveira. Quantarro semakin menambah jarak mulai lap 5, bahkan hingga lap 11 sudah unggul lebih dari 2,7 detik di depan Zarco. Bahkan, dia satu-satunya pembalap yang stabil melibas putaran di angka 1 menit 47 detikan.



Sementara di belakangnya, Zarco yang kerepotan menahan Oliveira perlahan mulai menurun, dan bisa dikejar oleh duo Suzuki Joan Mir dan Alex Rins yang sebelumnya juga kesulitan melibas Jack Milller.

 

 

PODIUM MOTOGP. Oliveira, Quantararo dan Mir mengibarkan bendera Swiss.



Tinggal delapan putaran, Oliveira lalu mengovertake Zarco di tikungan 11 untuk mengamankan posisi kedua. Trik yang sama dilakukan oleh Joan Mir satu lap berikutnya untuk mengamankan posisi ketiga. Kecepatan Zarco semakin menurun di lap-lap berikutnya, hingga Rins juga bisa mengovertake untuk posisi empat besar. Namun, peluang Rins untuk mengejar podium sirna, setelah terjatuh di final-corner saat lomba tinggal lima lap.

 


Lap terakhir, posisi 1234 tak berubah, yang mana Quantararo memenangi GP Mugello dengan keunggulan 2,59 detik dari Oliveira, dan 3 detik dari Mir. Di klasemen, Quantararo pun kian nyaman di puncak dengan keunggulan 24 poin dari Zarco, dan 26 poin dari Bagnaia.

 

 




naskah/foto ; punk/motogp