MotoGP Perancis : Johann Zarco Tercepat di Hari Pertama

JOHANN ZARCO. Menguasai sesi FP1 dan tercepat di hari pertama MotoGP Perancis.

Hari pertama MotoGP Perancis yang bertitle resmi Shark Grand Prix de France, membuktikan kedigdayaan pembalap-pembalap asli Perancis yang berusaha tampil maksimal kala manggung di depan publiknya sendiri.



Mengakhiri sesi FP1 dan FP2 di hari Jumat ini, Johann Zarco (Pramac Racing) membukukan catatan waktu tercepat, disusul sesama joki Perancis lain, Fabio Quantararo dari Monster Energy Yamaha. Catatan waktu keduanya terpaut sangat mepet, hanya 0,095 detik.



Di belakang duo Perancis, Maverick Vinales melengkapi tiga besar tercepat dengan selisih 0,389 detik, yang dikejar Pol Espargaro (Repsol Honda) di posisi empat dengan waktu yang hampir setara, hanya seper seribu detik atau 0,001 detik saja.



Sesi FP1 sendiri berlangsung dalam lintasan kering, yang mana Jack Miller sempat menduduki puncak topsheet dengan gap sangat jauh, hampir 1,481 detik dari Zarco dan Joan Mir. Namun, cuaca berubah lebih dingin karena hujan, sehingga beberapa pembalap mengalami kesulitan, termasuk Joan Mir sendiri yang mengalami kerusakan motor di tikungan delapan. Dua rider lain juga crash, termasuk Alex Marquez dan Vinales.



Di sesi FP2, cuaca kembali cerah dengan trek lebih kering, dan ini dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pembalap, karena kemungkinan besar sesi-sesi berikutnya akan berlangsung dalam kondisi basah, termasuk kualifikasi ataupun race.  Karena itulah, Quantararo begitu gas pol dengan catatan waktu 1 menit 32, 120 detik dengan ban soft-nya.



Hingga sepuluh menit jelang sesi FP2 berakhir, tidak ada yang mampu menyamai catatan waktu Fabio, termasuk Nakagami ataupun Alex Rins.  Hingga bendera finish dikibarkan, catatan waktu Quantararo memang yang tercepat, tetapi secara overall day 1 masih lebih cepat Johann Zarco.

 



LIMA TERCEPAT DAY 1 - LEMANS
1 Johann Zarco - Pramac Racing - Ducati - 1:31.747
2 Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - +0.095
3 Maverick Viñales - Monster Energy Yamaha MotoGP - Yamaha - +0.389
4 Pol Espargaro - Repsol Honda Team - Honda - +0.390
5 Franco Morbidelli* - Petronas Yamaha SRT - Yamaha - +0.532





naskah/foto ; punk/motogp