Test Jerez 2021 : Vinales Tercepat, Lahap 101 Lap Buat Persiapan LeMans

MAVERICK VINALES. Tidak hanya tercepat di uji coba, tetapi juga melahap cukup banyak putaran.

Selepas MotoGP seri ke-4 di Circuito de Jerez-Angel Nieto weekend lalu, petarung-petarung MotoGP langsung melanjutan aksinya dengan uji coba resmi di sirkuit yang sama. Meskipun uji coba ini hanya berlangsung terbatas, paling tidak cukup banyak hasil positif yang diraih, termasuk oleh Maverick Vinales.




Dari hasil test, Vinales membukukan catatan waktu tercepat 1 menit 36,879 detik, yang disusul oleh Alex Rins dari Suzuki dengan selisih hanya 0,034 detik. Joki andalan Monster Energy Yamaha ini tidak hanya menjadi rider tercepat selama uji coba tersebut, tetapi juga melakukan putaran yang cukup banyak, hingga 101 lap. Atau setara dengan empat kali race biasanya.



Jumlah putaran yang cukup lumayan menguras tenaga ini memang dilakukan Vinales, mengingat performanya sedikit turun saat GP Jerez yang hanya finish posisi tujuh. Sebaliknya, rekan setimnya bisa start dari pole dan sempat leading lomba meskipun akhirnya gagal podium karena masalah arm pun di tangannya.



"Saya benar-benar memaksimalkan uji coba ini, dengan mengendarai motor sebanyak  mungkin, termasuk bagaimana melakukan braking telat. Dan di akhir sesi, rasanya saya menemukan keseimbangan yang lebih baik, dan sangat presisi, terutama di sektor satu dan tiga di sirkuit ini," optimis Vinales.  Menurutnya, late-braking menjadi satu dari beberapa PR yang belum bisa dicari solusinya, baik oleh dirinya sendiri ataupun Fabio.



Yang pasti, dengan hasil uji coba yang lumayan positif, membuat Vinales kian yakin di MotoGP Lemans mendatang, karena motornya juga semakin enak dikendarai. "Saya akan datang ke LeMans dengan feeling yang sangat positif," cuapnya.

 




naskah/foto ; punk/motogp