Tito Rabat Gantikan Jorge Martin di MotoGP Jerez

LORD TITO RABAT. Joki Spanyol yang kini berkiprah di WSBK bersama Ducati.

Joki andalan Ducati Pramac Racing, Joki Martin dipastikan absen di seri lanjutan MotoGP 2021 pekan mendatang. Sebagai gantinya, Ducati menunjuk Tito Rabat sebagai pengganti.



Biasanya, rider pengganti jika pembalap utama di tim-tim Ducati adalah Michele Pirro, sang test rider. Namun, joki asal Italia tersebut sudah punya jadwal tersendiri, yakni menguji motor di private-test yang diadakan di sirkuit Mugello 29-30 April mendatang, untuk menyiapkan set up terbaik di balapan kandang.



Tito Rabat sendiri sebenarnya pembalap yang sudah cukup lama turun di MotoGP. Setelah menjuarai Moto2, Rabat lima tahun berlaga di MotoGP, yang mana tiga musim terakhir bernaung di tim Avintia Racing. Namun, prestasi pembalap yang dijuluki 'Lord Rabat' tersebut kurang moncer, dan kemudian hijrah ke World Superbike Championship bersama Barni Ducati Racing.



Setelah terjatuh cukup keras di Portugal, Jorge Martin memang harus menjalani masa pemulihan sedikit lebih lama, mengingat cideranya tidak bisa dianggap remeh. Akibat crash tersebut, Martin mengalami retak tulang metacarpal di jarinya kanan, kemudian kesleo di engkel, serta  memar di dengkul kiri.  Untungnya, saat terjatuh cukup keras dari motornya, Martin masih sadar dan tidak mengalami cidera bagian lain, terutama area kepala dan organ dalam. Karena crash ini, Martin tidak hanya akan absen di seri Portimao dan Jerez, tetapi juga di test setelah race-day Jerez.


 


naskah/foto : punk/motogp