Quantararo Menang Lagi, Mentalitas Yamaha Kembali ke Pucuk

FABIO QUANTARARO. Menang absolut dari pole, menaikkan mental.

Seperti dejavu dengan musim lalu, joki-joki Yamaha benar-benar menguasai awal musim 2021. Jika dua kali race di Losail Qatar, kubu Monster Yamaha berbagi kemenangan lewat Maverick Vinales dan Fabio Quantararo, kini race lanjutan di benua Eropa pun kembali dimenangi tim berlogo garputala tersebut. Lewat tangan dingin Fabio Quantararo, berarti Yamaha tetap membukukan start awal musim yang brilian. Tiga kali race, dan tiga kali menang.



Meskipun start dari pole, start joki kelahiran Perancis ini sebenarnya kurang mulus karena langsung terdorong ke posisi enam di lap pertama. Namun, begitu kembali masuk rombongan depan, Quantararo seperti tanpa pesaing. Apalagi, hanya Alex Rins yang selalu mengejarnya dengan set pace di bawah 1 menit 39 detik, namun berakhir crash. Quantararo pun tak terkejar, dan melindas garis finish disusul oleh Francesco Bagnaia dan Joan Mir.



"Saya sangat senang, karena tidak menyangka bisa stabil di 1 menit 39 detikan daripada 1 menit 40 detik, jadi kecepatan saya konstan dan sangat kuat. Di sini, saya merasa motor ini begitu boros di tengah lomba, tapi kecepatannya benar-benar amazing," cuapnya.

 

 

PODIUM KEMENANGAN. Fabio diapit Bagnaia dan Mir.



Menurutnya, dia sebenarnya tidak menyangka bisa secepat itu, karena tahun lalu motornya sangat lemah di trek seperti Portimao. Kemenangan ini, membawa pengaruh besar bagi tim dan juga mentalnya untuk race-race berikutnya. "Yamaha sudah bikin perubahan besar, tapi mental saya juga kian kuat. Tahun lalu, saya  mulai keteteran setelah Aragon dan kemudian terus turun, itu jauh lebih bikin frustasi. Kami belajar banyak, jadi sangat positif dari sisi mental," tambahnya.



Di klasemen sendiri, tambahan 50 point dari dua kali kemenangan membawa Quantararo ke posisi puncak dengan 61 point, unggul 15 poin dari Francesco Bagnaia dengan 46 point. Sedangkan rekan satu timnya, Maveri Vinales tetap berada di posisi tiga dengan 41 point, unggul satu poin dari Zarco yang pulang dengan tangan hampa karena crash di Portimao. Menutup lima besar, Joan Mir bisa mendulang tambahan 16 poin hingga totalnya menjadi 38 poin.

 




naskah/foto : punk/motogp