Sirkuit Portimao Dipasangi 22 Panel Bendera Digital

BENDERA DIGITAL. Sudah mulai dipakai di Portimao, dan wajib dipasang di semua sirkuit musim 2021.

Mulai Grande Premio 888 de Portugal di sirkuit Alvarge Portimao weekend ini, ada perangkat baru yang dipasang di beberapa tempat di lintasan , yakni 22 bendera digital yang pengerjaannya dilakukan oleh EM Motorsport.



Memang, penggunaan bendera digital ini wajib dilakukan mulai musim 2022 nanti, terutama di tikungan-tikungan, untuk menaikkan visibilitas dan informasi tentang kondisi terakhir. Dengan begitu, tiap pembalap semakin familiar dan membalap aman.

 

 

JENIS PANEL DIGITAL. T1 dan T2 dengan intensitas cahaya 64 ribu candela/m2



Namun, khusus musim ini, 22 panel-panel bendera digital tersebut dibawa terus keliling dunia mengikuti setiap rangkaian balap MotoGP di manapun, dan sirkuit Alvarge Portimao adalah yang pertama menggunakannya. Panel-panel tersebut sudah melalui homologasi dan ditest yang dilakukan oleh penyelenggara, FIM dan FIA, yang mana setiap panel harus mempunyai kekuatan atau insentitas cahaya sebesar 64 ribu candela/meter2.



Khusus balapan MotoGP, akan menggunakan kombinasi panel T1 dan T2, yang mana T1 dipakai di semua run-off area yang panjang, sedangkan T2 dipakai di bagian sirkuit lainnya. Panel T1 sendiri diriset sendiri oleh EM Motorsport, sedangkan panel T2 termasuk produk yang dijual bebas untuk pasar motorsport.

 

 

OPERASIONAL. Terhubung Race Control System, namun juga bisa dioperasionalkan oleh track marshall.



Semua panel bendera ini juga sudah terhubung dengan Race Control system, jadi dioperasikan dari Race Control Room sehingga bisa diganti statusnya kapanpun. Namun, track marshall juga bisa mengoperasikan konsol panel untuk bendera kuning atau jika terjadi insiden.



naskah/foto : punk/motogp