Petronas SRT Diperkenalkan, Target Rossi 'Cuma' Podium, Tapi Kalo Menang Fantastik !!

DUO YAMAHA PETRONAS SRT DIPERKENALKAN. Valentino Rossi dan Franco Morbidelli.

Inilah salah satu tim yang paling ditunggu pemunculannya musim ini, yap Yamaha Petronas SRT yang 2021 ini dihuni sesama joki Italia, Valentino Rossi dan Franco Morbidelli. Tim satelit Yamaha berbasis di Malaysia ini pun resmi mengenalkan corak terbaru, plus gacoan terakhir YZR-M1 yang bakal digeber kedua ridernya.




Dibandingkan corak tahun lalu, Petronas SRT punya tampilan yang hampir sama, didominasi warna hitam dan hijau sesuai ciri khas Petronas, plus tambahan beberapa logo sponsor. Yang pasti, tidak ada target tinggi bagi Rossi dengan gabung di tim ini, karena manajemen Petronas SRT juga sudah optimis dengan kemampuan The Doctor.



"Bagi saya dan tim, targetnya adalah podium, tetapi kalo menang akan fantastik sekali. Saya kira, tekanan bagi Rossi juga tidak berkurang meskipun saya yakin dia akan berusaha keras untuk menaikkan performanya. Mencoba meraih podium, dan menang lomba," ucap Johan Stigefelt, direktur tim Petronas SRT.

 

 

ROSSI BERSAMA PETRONAS SRT. Baru tahun ini gabung tim satelit sejak 2001 lalu.



Rossi sendiri memang belum pernah menang lagi sejak terakhir dilakukannya di MotoGP Belanda musim 2017. Satu-satunya podium terakhir Rossi adalah di Jerez tahun lalu, menandai satu-satunya podium semusim seperti saat debut dengan Ducati musim 2011 yang hanya meraih satu podium saja.



Secara struktural, tim Petronas SRT tidak jauh beda dari tahun lalu. Hanya sedikit perubahan komposisi tim untuk Rossi, yakni crew chief David Munoz, data engineer Matteo Flamigni dan pelatih Idalio Gavira yang dibawa Rossi dari tim pabrikan Yamaha tahun lalu. Nama-nama personil tim ini juga sudah dikenal Rossi, dari manajer tim Wilco Zeelenberg, crew chief-nya Morbidelli, yakni Ramon Forcada hingga jajaran manajemen puncak, seperti Johan Stigefelt.

 

CORAK MOTOR M1. Masih berciri khas Petronas.



"Dengan adanya Valentino Rossi, akan memberi tantangan tersendiri bagi tim ini, karena dia cukup lama berada di tim pabrikan dan sekarang di tim satelit. Tentunya, kami juga akan bekerja keras. Misi pertama kami adalah membuat dia nyaman dan senang di tim ini sembari memadukan kerjasama dengan semua personil," ucap Stigefelt.



Yang pasti, tim Petronas SRT akan berusaha mengulang hasil tahun lalu, yang mana dua pembalapnya sudah bergantian mendulang kemenangan. Lewat Quantararo dan Morbidelli, paling tidak masing-masing sudah meraup tiga kemenangan. Padahal, keduanya menggunakan spek M1 yang sedikit berbeda, Quantararo pakai factory-spec, sedangkan Morbidelli pakai A-spec. Rossi sendiri akan menggeber motor factory-spec keluaran 2021, sementara Mordibelli tetap menggunakan keluaran 2020.

 




editor : punk, foto ; motogp