Launching Tim Monster Yamaha 2021, Tanpa Ubahan Corak & Mesin, Konsistensi Adalah Kunci

DUET BARU MOVISTAR YAMAHA 2021. Fabio Quantararo bareng Maverick Vinales.

Untuk kali pertama sejak 2012, tim pabrikan Yamaha di MotoGP tampil tanpa Valentino Rossi saat peluncuran timnya. Kali ini, squad Monster Yamaha dihuni oleh Maverick Vinales dan rekrutan barunya, Fabio Quantararo.



"Bagus masih ada Valentino di MotoGP, dan juga tetap didukung penuh oleh pabrikan Yamaha. Tetapi, dia sekarang jadi tandem Frankie di Petronas, saya kira mereka akan jadi tandem yang bagus," buka Lin Jarvis, manajer balap Yamaha mengomentari launching tim yang tanpa Rossi tahun ini.



Menurutnya, duet joki Yamaha sekarang juga menjanjikan karena sama-sama masih berusia muda, dan punya potensi untuk meraih kemenangan. "Dengan adanya Fabio bersama Maverick yang sama-sama berusia muda, potensi menang tetap besar. Ini perubahan generasi, dan saya kira akan berhasil nantinya," tambahnya.

 

 

LAUNCHING TIM YAMAHA MOTOGP. Corak tidak berubah, tetap disponsori oleh Monster Energy.



Dari tampilan corak tim berikut motor baru YZR-M1 memang hampir sama dengan tahun lalu, bahkan sekilas tiada perubahan, termasuk warna dan logo-logo sponsornya. Paling utama, Monster Energy tetap menyuport tim ini untuk tahun keempatnya. "Corak motor kami hampir sama dengan tahun lalu, karena sponsor juga tetap sama. Artinya, ini hal yang bagus bagi pondasi tim," ujar Massimo Meregelli, sang direktur tim.



Dibalik tampilan luar YZR-M1 yang tanpa perubahan corak, sisi teknis masih menjadi PR besar bagi Yamaha, yang tahun lalu ngos-ngosan soal durabilitas mesin M1 ini. Dari empat joki M1, hanya satu kemenangan yang diraih oleh Vinales di tim pabrikan, sedangkan dua joki di tim satelitnya justru masing-masing bisa membukukan tiga kemenangan.

 

KUDA PACU YZR-M1. Akan ada update sasis dan aerodinamika.



Mesin M1 tahun ini juga tidak berubah, karena adanya batasan riset. Tetapi, dua pembalap ini akan mendapatkan jatah mesin yang full sejak awal musim sehingga bisa memaksimalkan performanya tanpa khawatir kekurangan jatah mesin. Yang sedikit beda, justru rangka 2021 yang kembali mirip dengan M1 2019 spec-A seperti yang dipakai oleh Morbidelli.



"Mesin hanyalah satu elemen dari motor ini, kami masih berusaha meningkatkan kemampuan dari luar mesin, termasuk sasis dan aerodinamika. Yang pasti, konsistensi adalah kunci penting tahun ini," opimtis Takahiro Sumi, project leader Yamaha MotoGP.

 


editor :  punk, foto : motogp