Suzuki MotoGP Masih Cari Tim Satelit, Diumumkan Bulan April

SQUAD SUZUKI SEBELUM DITINGGAL DAVIDE BRIVIO. Saat ini masih mencari tim satelit untuk musim depan.

Saat ini, Suzuki menjadi salah satu pabrikan yang sangat intensif membuka keran bagi tim lain untuk menggeber kuda pacu GSX-RR sebagai tim satelit. Namun, setelah mundurnya Davide Brivio, program pencarian tim satelit ini menjadi sedikit terkendala.



Ini diungkapkan oleh Shinichi Sahara, project leader Suzuki MotoGP, yang mengakui jika situasinya lebih rumit karena hanya Davide Brivio yang sudah berbicara dengan beberapa tim soal ini. Meski begitu, Suzuki akan berusaha melanjutkan program ini, bahkan langsung menghubungi tim-tim tersebut.



"Tentang tim satelit, ya, Davide adalah orang yang sudah kontak dengan banyak tim, sebagai jalan untuk berhubungan dengan Suzuki. Saya pun juga sebenarnya juga terlibat. Tetapi, dengan kepergian Davide, membuat saya jadi semakin sibuk," ucap Sahara memberi alasan.



Menurutnya, tim satelit saat ini begitu penting bagi pengembangan motor pabrikan, karena hampir separoh tim adalah pemakai motor pabrikan yang speknya sama, bahkan banyak juga rider satelit yang berstatus factory rider sehingga menggunakan motor spek pabrikan terbaru.

 

 

GRESINI RACING. Kandidat pemakai GSX-RR pasca berpisah dari Aprilia.



"Saya tidak akan menyerah soal tim satelit ini meskipun mundurnya Davide sedikit menyulitkan saya. Progressnya memang sedikit lambat, tapi kami pikir juga butuh detail, bagaimana mengatur dan mengorganisasi tim satelit. Yang jelas, saya sudah berbicara dengan beberapa tim," tukas Sahara.



Saat ini, ada beberapa nama tim yang bakal menjadi kandidat sebagai tim satelit Suzuki. Paling tidak ada nama SkyVR46 di sana, jika tim ini mau untuk masuk entry 2022. Lalu, ada tim Gresini yang akhir musim ini berhenti dari Aprilia. Dan Petronas SRT masih menjadi salah satu target Suzuki, meskipun tim ini juga masih setia sebagai penggeber YZR-M1.



Program tim satelit Suzuki sendiri bakal diumumkan sekitar bulan Maret atau April, sesuai pernyataan Davide Brivio. Namun, setelah kepergian Brivio ke tim Alpine F1, tenggat ini kemungkinan akan berubah, bisa maju dan mundur. Yang pasti, Suzuki masih merahasiakan tim mana yang bakal mereka pasok. "Kami harus mengerjakan beberapa lembar kerja sebelum ke proses kontrak," tutupnya.



editor : punk, foto : suzuki