Uji Coba Pra-Musim Sepang Dibatalkan, Tim-Tim MotoGP Bersiap Launching Online

TEST AWAL MUSIM 2021. Hanya akan diadakan di Losail Qatar pertengahan Maret.

Pandemik Covid-19 yang belum sirna hingga awal 2021 ikut berimbas ke uji coba pra-musim MotoGP. Berhubungan dengan pemberlakukan lockdown dan batasan bepergian di seluruh dunia, memaksa test-pra musim 2021 di Sepang  ikut dibatalkan.



Pembatalan ini diumumkan langsung oleh FIM, IRTA dan Dorna Sports, setelah melihat situasi terkini yang tidak memungkinkan digelarnya uji coba resmi pra-musim. Apalagi, Malaysia juga sudah memperlakukan larangan bepergian atau movement control order (MCO) mulai 13 Januari di lima negara bagian, yakni Penang, Selangor, Melaka, Johor dan Sabah.



"Dengan adanya pandemik Covid-19 yang masih ada, dan berlakuknya lockdown, kami terpaksa membatalkan event uji coba di awal musim, yang seharusnya diadakan di sirkuit Internasional Sepang di bulan Februari," demikian statement resmi dari Dorna.



Secara tradisional, Sepang menjadi sirkuit yang selalu jadi tempat uji coba resmi di awal musim. Test ini penting, karena biasanya menjadi uji coba perdana motor-motor baru dan debut perdana pembalap-pembalap baru atau yang baru saja pindah tim.

 

 

RIDER-RIDER MOTOGP. Semakin sedikit jadwal test uji coba.

 


Cukup banyak pembalap rookie yang memulai debutnya, seperti Luca Marini atau Jorge Martin. Patut ditunggu juga bagaimana debut Rossi bareng tim Petronas Yamaha, atau Pol Espargaro di Repsol Honda. Bahkan, uji coba ini biasanya juga dibarengi launching tim, karena sekalian membawa motor baru di Asia Tenggara.



Meski uji coba Sepang dibatalkan, Dorna masih belum mengubah rencana uji coba pra-musim lain, yakni di sirkuit Losail Qatar 10-12 Maret 2021 nanti, meskipun akan dikonfirmasikan lagi. Yang pasti, Losail akan tetap menjadi sirkuit night-race event untuk MotoGP Qatar tanggal 28 Maret 2021.



Sementara, beberapa tim akan memutuskan launching secara online atau virtual. Tim pabrikan Yamaha sudah memastikan virtual-launching lewat boardcast web dan medsosnya tanggal 15 Februari, untuk mengenalkan Maverick Vinales dan tandemnya, Fabio Quantararo di atas YZR-M1 terbaru. Sedangkan Ducati kemungkinan juga merilis tim secara virtual tanggal 9 Februari, untuk mengenalkan duet baru mereka, Jack Miller dan Francesco Bagnaia.

 



editor : punk, foto : motogp.