Banding Iannone Ditolak, Hukuman Diperpanjang Empat Tahun

Alih-alih berusaha melakukan banding agar mengurangi hukuman akibat doping, Andrea Iannone justru mendapatkan hukuman lebih berat.




Berdasarkan pengumuman yang dirilis oleh Court of Arbitration for Sport (CAS), banding yang diajukan Aprilia terhadap kasus doping Andrea Iannone ditolak. Bahkan, sebagai dukungan kepada badan anti doping dunia atau World AntiDoping Agency (WADA), hukuman terhadap Iannone justru ditambah menjadi empat tahun.


CAS menolak banding yang diajukan Andrea Iannone, karena pihak Iannone tidak menyerahkan bukti substansial yang diperlukan untuk mendukung klaim terkait makanan  yang telah terkontaminasi saat tampil di MotoGP Malaysia 2019.


Hukuman ini efektif berlaku sejak tanggal dia menjalani hukuman pertama. Sebelumnya, joki Aprilia Racing Team Gresini ini dinyatakan bersalah atas penggunaan doping oleh FIM. Ia dijatuhi hukuman 18 bulan terhitung sejak 17 Desember 2019 hingga 16 Juni 2021.


Yang pasti, konsekuensi dari keputusan CAS ini, karir balap Andrea Iannone semakin suram. Tidak hanya dihukum larangan tampil di balapan, tetapi semua hasil kompetisi yang diraih Iannone sejak 1 November 2019 juga didiskualifikasi, termasuk medali, poin ataupun hadiah lain.


Dengan keputusan ini, Aprilia Racing Team sendiri dipastikan akan mencari pembalap lain sebagai pengganti, dan kemungkinan besar akan merayu Jorge Lorenzo untuk tampil sebagai joki bersama Aleix Espargaro. Opsi untuk merekrut Andrea Dovizioso juga sirna, karena yang bersangkutan kemungkinan memilih vakum untuk semusim. Sementara, Cal Crutchlow justru menerima pinangan Yamaha sebagai test rider.

 


naskah/foto : punk/motogp