Start dari Pole Position, Vinales Optimis Raih Kemenangan Perdana

PENGUASA BARIS DEPAN DI AUSTRIA. Vinales, Miller dan Quantararo.

Sejak Red Bull Rings di Austria kembali dijadikan tempat perang kuda pacu MotoGP, squad Yamaha belum pernah sekalipun merebut pole position. Namun, musim 2020 ini ada kejutan berarti dari Maverick Vinales. Di saat joki-joki Yamaha kedodoran pasca race perdana di Jerez, Vinales mampu membukukan catatan waktu tercepat di kualifikasi, sekaligus merebut starting grid terdepan. 

 

 

Sesi kualifikasi MotoGP Austria memang super sengit. Dari baris terdepan saja, jarak tiga pembalap yang bakal start dari grid satu, dua dan ketiga hanya berjarak 0,087 detik. Jack Miller dari Pramac Ducati ada posisi kedua dengan selisih 0,68 detik, disusul Fabio Quantararo di grid ketiga. Sedangkan dari 12 top starting grid, selisihnya hanya 0,545 detik dari Vinales di pos pertama, dan Valentino Rossi di grid 12. Ini adalah catatan waktu kualifikasi mepet yang dicatat Otre, sejak terakhir di musim 2007 lalu. Ketat bingit ! 

 

 

Pole position ini, begitu berarti buat squad Yamaha, mengingat pembalap mereka sudah cukup lama tidak start dari baris depan. Kali terakhir, Yamaha start dari grid depan adalah saat seri pembuka MotoGP 2019 di Philip Island, juga oleh Vinales. Jadi, ini adalah modal penting buatnya untuk lepas dari sodokan pembalap-pembalap lain, terutama pasukan Ducati. 

 

 

MAVERICK VINALES. Berhasil start dari grid pertama.

 

 

Memang, satu-satunya rider terbaik Ducati saat kualifikasi adalah Jack Miller dengan start di grid kedua. Namun, factory rider Ducati, Andrea Dovizioso juga nggak jelek, sanggup merebut grid keempat. Dengan karakter sirkuit Red Bull Rings yang cenderung cepat, Ducati sudah membuktikan diri menjadi pemenang di gelaran MotoGP Austria sejak tahun 2016, dua kali oleh Dovizioso, sekali oleh Andrea Ianone dan Jorge Lorenzo. 

 

 

Menyongsong race hari ini, Vinales mengaku sangat optimis dengan kekuatan motor Yamaha yang semakin membaik. "Saya sangat senang karena target saya memang ada baris depan. Rasanya, feeling ke motor juga kian enak, dan progress menanjak karena kerja keras tim. Memang, masih butuh sedikit trik untuk option ban hari ini, karena beda banget dengan di Brno, tapi paling tidak kami sudah ada di jalur cepat," yakin Vinales. 

 

 

 

naskah/foto : punk/motogp