KUALIFIKASI MOTOGP BRNO : Kejutan, Johann Zarco Start Terdepan

JOHANN ZARCO. Akhirnya start dari pole position, pole ke-5 selama karirnya.

Untuk kali pertama, Johann Zarco bakal start dari baris depan di MotoGP Ceko, setelah di sesi kualifikasi menjadi pembalap tercepat. Joki andalan Avintia Ducati Racing ini start di depan dua pembalap Petronas Yamaha, Fabio Quantararo dan Franco Morbidelli.




Dari sesi latihan hingga kualifikasi Brno, hasilnya memang cukup mengejutkan. Pembalap-pembalap dari tim pabrikan justru gagal meraih hasil maksimal, bahkan rontok di barisan belakang. Jika tiga penghuni grid baris depan akan diisi semua oleh joki dari tim satelit, pembalap pabrikan malah terperosok di grid belakang. Andrea Dovizioso misalnya, malah gagal lolos kualifikasi pertama, dan terpaksa start dari grid 18.

 


Sesi kualifikasi juga sengit. Joki sesama Perancis, sekaligus pembalap top leader klasemen, Quantararo sebenarnya punya satu kesempatan untuk memperbaiki catatan waktu sebelum sesi berakhir, namun malah terjatuh di komplek tikungan terakhir.  Di belakangnya, Franco Morbidelli nyaman menduduki pos empat, meski terpaut 0,311 detik dari Zarco.

 

 

BARISAN TERDEPAN. Semua dari tim satelit.




Kejutan lain di starting position Brno nanti adalah moncernya Aleix Espargaro. Joki Aprilia ini bisa start dari grid empat, di depan Maverick Vinales. Aleix bisa membukukan catatan waktu tercepatnya, setelah di awal-awal kualifikasi menguntit di belakang Quantararo.


 

Berikutnya di belakang Vinales, ada duo pembalap Red Bull KTM, Pol Espargaro dan Brad Binder di posisi enam dan tujuh, selisih 0,322 detik dari Danilo Petrucci di posisi delapan. Joan Mir dari Suzuki dan Valentino Rossi melengkapi grid sepuluh besar, tertinggal 0,8 detik dari Zarco.


Yang pasti, pole ini menjadi catatan spesial bagi Johann Zarco yang sudah cukup lama tidak lagi moncer setelah gonta-ganti tim. Sebelum pole ini, Zarco sudah mengemas empat kali pole position, yang semuanya direbut kala membela Tech3 Yamaha musim 2017-2018.  Selain itu, inilah kali pertama empat joki dari tim satelit/independen bisa start dari grid depan, terakhir terjadi di era 2002 lalu.

 



naskah/foto : punk/motogp